Pertama di Dunia TV Digital 8K System-on-Chip 7nm

MediaTek dan TSMC meluncurkan system-on-chip (SoC) 7 nanometer TV digital 8K pertama di dunia, yaitu MediaTek Pentonic 2000.  Diciptakan dengan teknologi proses canggih N7 dari TSMC, MediaTek Pentonic 2000 menawarkan performa dan efisiensi daya yang tak tertandingi dengan fitur-fitur termasuk mesin AI (Artificial Intelligence) yang kuat, MEMC, VVC decoding, dan teknologi picture in picture (PiP).

Pentonic 2000 MediaTek menghadirkan fitur esensial untuk di era streaming saat ini sebagai yang chip TV 8K komersial pertama dengan dukungan media VVC H.266 dan chip all-in-one pertama yang mendukung layar 8K 120Hz dengan mesin MEMC yang terintegrasi.

Chipset ini menggabungkan teknologi tampilan berkinerja tinggi yaitu MediaTek APU (prosesor AI) built-in untuk mendukung teknologi 8K AI-Super Resolution dan teknologi Intelligent View dari MediaTek, yang mendukung multiple picture-in-picture (PiP) atau picture-by -picture (PbP).

TV Digital 8K System-on-Chip 7nm

Di dalam chip terdapat CPU dan GPU tercepat di industri TV, Pentonic 2000 yang di tenagai oleh memory bus yang sangat lebar dan penyimpanan UFS 3.1 yang sangat cepat serta dukungan untuk konektivitas nirkabel tercepat untuk MediaTek Wi-Fi 6E atau bahkan modem seluler 5G.

Dibandingkan dengan generasi teknologi proses 16 nm dari TSMC yang digunakan dalam aplikasi elektronik konsumen, teknologi proses N7 hadirkan peningkatan kecepatan 30%, mengemat daya 55%, serta mengantarkan logic density lebih besar.

Proses N7 TSMC memungkinkan AI canggih di perangkat elektronik konsumen untuk tugas-tugas seperti memungkinkan teknologi AI canggih di perangkat elektronik konsumen meningkatkan resolusi HD (High Definition) atau media 4K ke resolusi 8K dengan baik, atau dengan cepat memahami perintah suara pengguna.

Lompatan performa ini memungkinkan teknologi AI canggih di perangkat elektronik konsumen meningkatkan resolusi HD (High Definition) atau media 4K ke resolusi 8K dengan baik, atau dengan cepat memahami perintah suara pengguna.

Selain kemajuan dalam performa komputasi, penghematan daya yang ditawarkan oleh teknologi proses N7 TSMC memberikan keuntungan termal untuk desain elektronik konsumen.

Sebagai perusahaan semikonduktor pertama yang membawa teknologi 7nm ke produksi komersial, TSMC memiliki sejarah terpanjang dalam peningkatan hasil dan kualitas, serta dukungan ekosistem desain yang paling luas. Teknologi 7-nanometer TSMC juga merupakan penerima penghargaan 2021 IEEE Corporate Innovation Award.

“Pentonic 2000 menempatkan MediaTek sebagai perusahaan terdepan dalam desain smart TV dengan kemampuannya untuk menawarkan gambar yang kaya dan tajam kepada konsumen, tampilan yang cerah dan audio yang tajam, serta pengalaman pengguna yang cerdas dan intuitif,” jelas Dr. Mike Chang, Corporate Vice President and General Manager of the Smart Home Business Group at MediaTek.

“Dengan mengadopsi proses N7 TSMC, MediaTek membawa teknologi aplikasi supercomputing ke ruang tamu untuk memberikan pengalaman media canggih yang sesungguhnya kepada konsumen,” ujar Dr. Kevin Zhang, Dr. Kevin Zhang, Senior Vice President of Business Development at TSMC.

MediaTek Pentonic 2000 akan memberi tenaga pada TV 8K flagship generasi berikutnya yang diperkirakan akan diluncurkan di pasar global pada kwartal ke dua tahun 2022.

Tentang MediaTek

MediaTek Incorporated adalah perusahaan semikonduktor fabless global yang memungkinkan hampir 2 miliar perangkat terhubung setiap tahun. Pemimpin pasar dalam mengembangkan system-on-chip (SoC) yang inovatif untuk perangkat seluler, hiburan rumah, konektivitas, dan produk IoT.

Dedikasi terhadap inovasi telah memosisikan sebagai kekuatan pasar pendorong di beberapa bidang teknologi utama, termasuk teknologi seluler yang sangat hemat daya, solusi otomotif, dan berbagai produk multimedia canggih seperti smartphone, tablet, televisi digital, 5G, Perangkat Asisten Suara (Voice Assistant Devices;VAD) dan perangkat yang dapat dikenakan di tubuh.

MediaTek memberdayakan dan menginspirasi orang untuk memperluas wawasan dan mencapai tujuan mereka melalui teknologi cerdas, yang lebih mudah dan efisien daripada sebelumnya.


Baca Juga:

» Smart TV Pentonic Baru dengan Pentonic 2000 TV 8K 120Hz

» Pertama:Micron & MediaTek Validasi DRAM LPDDR5X


Tentang TSMC

TSMC memelopori model bisnis foundry (perusahaan semikonduktor yang melakukan fabrikasi produk semikonduktor saja) ketika didirikan pada tahun 1987, dan telah menjadi perusahaan foundry semikonduktor khusus terkemuka di dunia sejak saat itu.

Perusahaan mendukung ekosistem pelanggan global yang berkembang pesat dan bermitra dengan industri terkemuka di bidang teknologi proses dan portofolio solusi pemberdayaan desain untuk meluncurkan inovasi bagi industri semikonduktor global.

Dengan operasi global yang mencakup Asia, Eropa, dan Amerika Utara, TSMC melayani perusahaan di seluruh dunia.

TSMC menggunakan 281 teknologi proses yang berbeda, dan memproduksi 11.617 produk untuk 510 pelanggan pada tahun 2020 dengan menyediakan berbagai layanan canggih, khusus, dan layanan teknologi pengemasan canggih .

TSMC adalah perusahaan foundry pertama yang mampu memproduksi teknologi 5 nanometer, teknologi proses semikonduktor tercanggih yang tersedia di dunia. Perusahaan ini berkantor pusat di Hsinchu, Taiwan.


Baca:

» Pertama: Micron & MediaTek Validasi DRAM LPDDR5X

» Seri Chip Dimensity 8000 5G untuk Smartphone 5G Premium


Silahkan Like Fanspage dan Follow Instagram kami. Share artikel ini, jika menurut Kamu bermanfaat bagi orang lain.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama. Terima kasih, selamat mencoba. Salam Kepotek!

Leave a Reply

id Bahasa Indonesia
X