Tutorial Belajar Microsoft Excel untuk Kamu yang Masih Pemula

Microsoft Excel memiliki fungsi cukup penting dalam proses pengolahan data. Software bawaan dari Microsoft ini banyak digunakan untuk tingkat sekolah maupun di dunia kerja. Apalagi perhitungan menggunakan Microsoft Excel jauh lebih akurat dibanding perhitungan manual. Nggak heran kalau banyak pemula yang mencari tutorial belajar microsoft excel di internet. Buat kamu yang masih asing dengan aplikasi ini, ada baiknya kamu berkenalan terlebih dahulu.

Apa Itu Microsoft Excel?

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa Microsoft Excel adalah software pengolah data terbaik yang dikeluarkan oleh Microsoft. Nggak hanya di sistem operasi Windows, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini di Android, Apple, dan MacOS. Dengan tersedianya aplikasi Excel dalam berbagai sistem operasi, pekerjaan mengolah data pun bisa lebih mudah kamu lakukan.

Berbeda dari Microsoft Word, aplikasi Microsoft Excel menjalankan perintah programnya lewat spreadsheet. Spreadsheet sendiri adalah kumpulan sel pada Microsoft Excel yang terdiri dari kolom dan baris.

Aplikasi ini biasa digunakan oleh mereka yang berkutat di bidang akuntansi dan administrasi. Fungsinya pun juga beragam, seperti pencatatan anggaran belanja dan keuangan, laporan keuangan perusahaan, daftar hadir atau daftar nilai mahasiswa, penghitungan penjualan, pinjaman, investasi, riset harga pasar, dan masih banyak lagi.

Tutorial Menginput Data Pada Microsoft Excel

Sebelum membahas rumus microsoft excel lengkap, kamu harus tahu hal-hal mendasar dalam Microsoft Excel terlebih dahulu. Salah satunya proses input data.

Untuk menginput data, ada dua tutorial belajar microsoft excel yang bisa kamu terapkan. Pertama dengan cara memilih sel yang akan dipakai. Setelah itu, ketik atau tulis data yang akan kamu masukkan ke dalam sel tersebut lalu tekan Enter.

Cara yang kedua bisa kamu lakukan lewat formula bar di Microsoft Excel. Yakni pilihlah sel yang akan digunakan lalu pindahkan kursor ke formula bar dan tulislah data yang akan diinput. Kalau sudah selesai, tekan Enter untuk konfirmasi data.

Shortcut Penting dalam Microsoft Excel

Selain cara menginput data, kamu juga harus tahu shortcut penting dalam Microsoft Excel yang membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. Nggak cuman pemula, kamu yang sudah sering menggunakan Excel pun perlu mengetahui shortcut ini.

  • Ctrl+w berfungsi untuk menutup lembar kerja.
  • Ctrl+o untuk membuka file atau lembar kerja.
  • Ctrl+s untuk menyimpan hasil pekerjaan.
  • Ctrl+z untuk meng-undo atau membatalkan.
  • Ctrl+y untuk me-redo atau mengembalikan.
  • Alt+h untuk kembali ke beranda atau tab Home.
  • Alt+p untuk masuk ke menu Page Layout.
  • Alt+m untuk masuk ke menu Formula.

Setelah membaca tutorial belajar microsoft excel di atas, kamu makin kenal dengan aplikasi pengolah data tersebut kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here