10 Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Tips Baterai Smartphone

Saat ini, smartphone memiliki perkembangan yang semakin canggih. Hal ini dikarenakan rata-rata smartphone jaman sekarang dibekali dengan berbagai teknologi modern seperti prosesor yang cepat serta dukungan RAM yang besar untuk kemampuan multitasking yang semakin tinggi.

Anda pun semakin dibuat ketergantungan dan membuat umur baterai semakin pendek.

Untuk itu, kali ini akan dibahas beberapa tips merawat baterai smartphone agar awet. Berikut ulasannya.

DAFTAR ISI

Tips Merawat Baterai Smartphone

1. Mengaktifkan Battery Saver

Tips pertama yang perlu anda lakukan untuk mempertahankan baterai agar tetap tahan lama adalah dengan mengaktifkan fitur baterai saver.

Hal ini merupakan hal yang perlu anda lakukan agar baterai anda tetap awet.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka baterai smartphone kamu dalam keadaan low, tentunya sistem akan mengurangi performa CPU secara otomatis.

Sehingga nantinya baterai smartphone anda akan tetap tahan lama.

2. Menghindari Mode Getar

Tips merawat baterai smartphone selanjutnya adalah dengan menghindari mode getar pada smartphone anda.

Tentunya anda akan sering mengaktifkan mode getar untuk tetap mendapatkan notifikasi tanpa berisik.

Akan tetapi, hal ini justru dapat membuat smartphone membutuhkan daya yang besar untuk menggetarkan mode vibrator yang ada, sehingga baterai harus bekerja dengan ekstra.

Untuk itu, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan mode silent.

3. Hindari Smartphone Agar Tidak Overheat

Selanjutnya, anda bisa merawat baterai ponsel anda dengan jangan sampai membiarkan baterai terlalu panas atau overheat. Hal demikian tentu saja akan memberikan pengaruh bagi baterai anda, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk habis.

Untuk mengurangi overheat anda bisa menggunakan ponsel anda dengan lebih bijak, seperti mematikan aplikasi dari backgrounds ataupun menggunkan kamera hanya ketika diperlukan saja.

Selain dengan membuat kecerahan menjadi berkurang, maka anda juga bisa menghindarkan smartphone anda dari panas matahari secara langsung.

Hal ini tentu saja akan mengurangi smartphone menjadi overheat dan membuat baterai menjadi cepat panas.

Panas yang berasal dari luar yang bertemu dengan panas permukaan akan berpotensi untuk membuat baterai smartphone menjadi kembung dan lebih boros.

4. Memperhatikan Waktu Pengisian Baterai

Dengan menjaga siklus pengecasan atau memperhatikan waktu pengisian baterai tentunya anda akan bisa membuat baterai smartphone anda bertahan lama.

Untuk itu, tips merawat baterai smartphone ini tentunya perlu untuk anda terapkan.

Ada teori yang menyebutkan jika anda bisa mengisi ulang baterai smartphone saat baterai tinggal 40% dan anda bisa mencabutnya ketika indikator baterai menunjukkan angka 80%.

Dengan menerapkan cara ini, tentunya akan membuat ponsel baterai anda lebih tahan lama.

Anda juga perlu memperhatikan seberapa lama waktu anda untuk melakukan isi ulang. Hal tersebut ditujukan agar anda tidak melakukan isi daya selama semalaman penuh.

Tentunya jika anda melakukan pengisian selama seharian penuh di waktu malam, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas dan perfoma baterai smartphone anda.

Bacalah Juga:

5. Menjauhi Aplikasi Yang Membutuhkan Banyak Iklan

Aplikasi yang banyak mengandung iklan, cenderung akan membuat baterai menjadi cepat boros.

Jika anda terus-menerus menggunakan aplikasi yang banyak iklan dalam jangka waktu yang lama, maka hal tersebut akan membuat umur baterai smartphone anda semakin pendek dan membuat performanya menurun.

Untuk itu, anda perlu lebih bijak untuk menggunakan aplikasi yang tidak merusak baterai ataupun performa ponsel kamu.

6. Mengupdate Aplikasi Hanya Menggunakan Wifi

Saat smartphone anda terkoneksi dengan dengan wifi, maka ponsel anda pun akan terkunci pada jaringan itu saja.

Sehingga nantinya penggunaan CPU ataupun baterai akan menjadi jauh lebih hemat.

Untuk itu, anda bisa menerapkan tips merawat baterai smartphone anda dengan hanya mengupdate aplikasi ataupun OS hanya saat terhubung dengan wifi.

Selain itu, melalui cara ini pun juga akan membantu anda untuk lebih menghemat kuota.

7. Menggunakan Airplane Mode

Jika anda sedang berada di tempat yang tidak ada sinyal, maka sebaiknya anda bisa mencoba untuk mengaktifkan airplane mode.

Hal tersebut dikarenakan jika jarak smartphone anda dari Base Transceiver Station atau BTS terlalu jauh, maka tentu saja akan berpengaruh terhadap baterai anda.

Hal ini dikarenakan jika smartphone semakin bekerja keras untuk mencari BTS, maka daya baterai anda pun akan terbuang dengan sia-sia.

8. Mengaktifkan Fitur Lokasi Secara Bijak

Jika anda mengaktifkan fitur lokasi secara terus-menerus, maka tentu saja hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap performa baterai anda.

Hal ini disebabkan jika GPS pada smartphone anda aktif dalam jangka waktu yang lama maka hal tersebut akan berpotensi untuk membuat baterai anda cepat habis sehingga anda pun akan sering melakukan isi ulang.

Tak heran jika hal ini akan berdampak pada kualitas bateri dari smartphone anda.

Untuk itu, anda bisa melakukan tips merawat baterai smartphone anda agar tetap awet dan tahan lama dengan cara mematikan fitur lokasi ketika anda sedang tidak menggunakannya.

Dengan menerapkan cara tersebut, maka hal ini tentu saja akan lebih menghemat baterai dan bisa memperpanjang umur baterai.

Anda pun bisa mengaktifkannya ketika anda membutuhkannya saja, misalnya ketika anda akan menggunakan Google Maps dan sebagainya.

9. Mematikan Notifikasi

Cara satu ini dapat anda lakukan untuk menghilangkan ketergantungan akan smartphone dan juga sebagai salah satu cara untuk menghemat baterai.

Mematikan notifikasi yang masuk pada beberapa aplikasi tertentu yang dianggap tidak penting, maka hal tersebut juga akan membuat baterai anda lebih tahan lama.

Caranya adalah dengan masuk pada menu setting, kemudian anda bisa memilih Apps, selanjutnya pilihlah aplikasi yang tidak ingin anda tampilkan notifikasinya.

10. Mengatur Kecerahan Layar Smartphone

Cara satu ini juga berpengaruh untuk membuat baterai anda lebih tahan lama. Apabila anda mengatur tingkat kecerahan layar anda ke dalam posisi yang paling rendah, maka tentu saja baterai anda akan menjadi lebih hemat.

Anda bisa mencerahkan layar ponsel anda ketika berada di posisi yang terang sehingga anda bisa melihat layar smartphone anda dengan lebih jelas.

Selain itu, anda juga tidak perlu untuk mengaktifkan fitur auto-brightness pada smartphone anda.

Hal tersebut dikarenakan fitur auto brightness ternyata mampu menguras daya baterai dengan cara cepat.

Untuk itulah, bagi anda yang ingin tips merawat baterai smartphone anda agar tetap awet, maka sebaiknya anda mengatur layar anda secara manual saja, hal tersebut tentu saja dapat membantu anda untuk menghemat baterai anda.

Berita Terkait:

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menjaga baterai agar tetap awet dan tahan lama.

Menjaga kondisi baterai agar tetap tahan lama tentu saja harus anda lakukan untuk membuat umur baterai anda panjang dan baterai tidak boros.

Apalagi jika anda menggunakan baterai ponsel tanam, tentunya anda juga perlu perhatian yang ekstra untuk merawat baterai smartphone anda tersebut.

Like, Komen, dan Share artikel ini agar bermanfaat untuk orang lain.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama. Kamu sangat paham bagaimana cara membantunya. Terima kasih

Salam Kepotek. Kepoin Teknologi!