4 Tips Menyembuhkan Luka Ringan di Lutut

0
Tips Menyembuhkan Luka Ringan di Lutut

Meskipun ketika beraktivitas sudah berhati-hati, namun kadang kala kecelakaan bisa saja terjadi yang membuat lutut terluka.

Luka yang terjadi pada lutut kerap kali terjadi ketika seseorang terjatuh dan lutut membentur benda keras sehingga ada bagian di lutut yang akhirnya terluka.

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan luka di lutut? Apakah bisa ditangani sendiri?

Sejatinya semua orang tentu pernah mengalami luka. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah bagaimana langkah penanganan awal yang tepat dari membersihkan, merawat sampai dengan mengobati.

Penanganan luka pada lutut bisa dilakukan sendiri di rumah selam jenis luka pada lutut masih tergolong ringan seperti luka gores atau lecet.

Berikut ini tips menyembuhkan luka ringan di lutut sendiri yang bisa dilakukan di rumah:

1. Membersihkan Luka

Penanganan awal adalah dengan membersihkan luka. Cuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari kontaminasi kuman pada luka di lutut.

Selanjutnyabilas luka pada lutut memakai air dingin biasa. Pakailah sabun yang lembut seperti sabun bayi untuk membersihkan luka.

Untuk jenis luka yang ringan, tidak perlu penggunaan antiseptic seperti hydrogen peroksida ataupun alkohol yang justru hanya akan membuat iritasi pada area luka dan menghambat proses penyembuhan.

Setelah luka dibersihkan, tutup dengan plester atau kassa steril.

2. Hentikan Pendarahan

Luka pada lutut berupa pendarahan, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahan yang ada sebelum menutupnya dengan plester atau kasa.

Cara menghentikan pendarahannya bisa dengan menekan luka memakai perban, kain halus yang bersih atau sejenisnya selama beberapa menit untuk menyerap darah.

3. Minum Obat

Apabila luka pada lutut terlalu membuat sakit dalam beberapa hari, Anda disarankan untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen.

4. Mengoleskan Antibiotik

Antbiotik berupa krim atau salep juga bisa dilakukan untuk mengatasi luka ringan pada lutut.

Jenis antibiotic yang bisa digunakan adalah bacitracin, neosporin maupun polisporin.

Penggunaan antibiotic ini bisa mencegah terjadinya infeksi bakteri dan membuat area luka terjaga kelembabannya sehingga membuat proses penyembuhan lebih efektif.

Dengan memahami metode menyembuhkan luka ringan pada lutut yang sudah dibahas diatas, Anda bisa mengatasi masalah luka lutut sendiri di rumah.

Anda juga bisa mengakses laman Gue Sehat untuk mendapatkan lebih banyak lagi tips-tips kesehatan yang bermanfaat.