5 Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android Kamu

keamanan smartphone android

Keamanan smartphone android – Siapa sih yang tidak tau android, sistem operasi smartphone sejuta umat ? Hampir semua smartphone saat ini, mulai dari merek ternama maupun merek baru menggunakan android sebagai sistem operasinya terkecuali iphone tentunya.

Nah bagi kamu pengguna smartphone khususnya android, keamanan tentu merupakan hal yang utama. Apalagi jika kamu memliki data-data pribadi. Kamu tentu tidak mau dong data-data pribadi kamu jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah agar data-data pribadi kamu lebih aman. Kamu harus meningkatkan keamanan smartphone yang kamu miliki tersebut.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan keamanan smartphone android kamu. Berikut ini 5 tips meningkatkan keamanan smartphone android kamu.

Mengunci layar smartphone kamu

Mengunci layar smartphone kamu adalah cara yang paling mudah agar dapat meningkatkan keamananan smartphone android kamu. Semua smartphone android saat ini memiliki fitur untuk mengunci layar smartphone kamu. Kamu bisa menggunakan slide, pattern, voice unlock, face unlock, dan lain lain. Dan jika kamu mempunyai smartphone terbaru, kemungkinan besar smartphone kamu sudah memiliki fitur fingerprint dan eye scanner unlock maka Kamu juga dapat menggunakan fitur tersebut. Biasanya pengaturan tersebut berada di setting->security->screen lock.

Mengunci aplikasi smartphone

Mengunci layar smartphone bukan berarti smartphone kamu 100% aman. Jika kamu berhadapan dengan orang yang ahli keamanan, kemungkinan besar smartphone kamu masih bisa dibobol. Agar lebih meningkatkan keamanan data-data kamu, kamu juga harus mengunci aplikasi-aplikasi penting kamu seperti whatsup, galery, dan lain lain. Untuk melakukan ini, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk mengunci aplikasi di smartphone. Kamu dapat mencarinya di playstore.

Hindari Menggunakan Wifi Umum Gratis

Wifi umum sebagian besar gratis. Ya, gratis memiliki daya tarik yang sangat kuat. Hanya dengan menggunakan kata gratis akan banyak orang berkumpul. Tapi kalau menyangkut keamananan, wifi umum gratis ini akan sangat menakutkan bagi sebagian orang. Wifi umum memang terkenal dengan keamanan jaringan yang rendah. Jadi, data-data yang kamu kirim dari perangkat kamu lebih mudah diambil oleh orang yang tidak semenstinya.

Jika kamu benar-benar terpaksa menggunakan wifi umum gratisan, sebaiknya jangan membuka situs-situs yang membutuhkan login apalagi melakukan transaksi-transaksi penting yang membutuhkan data bersifat pribadi.

Update sistem operasi maupun aplikasi-aplikasi

Update pada sistem operasi maupun aplikasi berguna untuk memperbaiki bug maupun menambahkan fitur-fitur baru. Jadi, jika sistem operasi atau aplikasi-aplikasi kamu sudah ada update terbaru maka lakukan segera pembaharuan sistem operasi atau aplikasi kamu tersebut.

Gunakan playstore untuk mendownload aplikasi android

Kamu dapat mendownload aplikasi-aplikasi android selain melalui playstore. Banyak situs-situs yang menyediakan layanan download aplikasi android secara gratis. Tetapi, mendownload aplikasi dari situs-situs selain melalui playstore mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk keamanan smartphone android kamu. Bisa jadi aplikasi-aplikasi tersebut sudah disisipi malware.

Seperti yang kita ketahui, playstore merupakan aplikasi resmi yang disediakan oleh google untuk mendownload aplikasi-aplikasi android. Jadi, keamanananya lebih terjamin. Untuk itu, tetap gunakan aplikasi playstore untuk mendownload aplikasi-aplikasi android kamu.

Itulah 5 tips untuk meningkatkan keamanan smartphone android kamu. Kamu dapat menerapkannya pada smartphone android kamu.

Semgoa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here