4 Tips Hindari Smartphone Rusak Yang Perlu Diketahui

0
Cara Merawat Smartphone

Smartphone menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kondisi tersebut dikarenakan smartphone memiliki kemampuan untuk membantu kegiatan sehari-hari terutama untuk bekerja dan melakukan aktifitas bisnis.

Selain itu, anda juga bisa bermain game, menonton film, dan mendengarkan musik melalui smartphone.

Untuk itu, andapun perlu menggunakan smartphone dengan benar.

Kali ini, akan diulas beberapa cara untuk hindari smartphone rusak. Berikut ulasannya.

Tips Agar Smartphone Tidak Rusak

1. Menutup Widget

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghindari smartphone yang rusak adalah dengan menutup widget.

Selain menggunakan memori eksternal ataupun penyimpanan online lainnya, anda sebaiknya perlu untuk menutup dan menghapus aplikasi yang sudah tidak anda butuhkan.

Tentu saja hal ini dikarenakan akan dapat membantu anda untuk meringankan beban pada memori internal dan RAM pada smartphone anda.

Untuk itu, andapun bisa dengan mengurangi foto dan dokumen yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga:

2. Memanfaatkan Memori Eksternal

Anda juga bisa hindari smartphone agar tidak rusak dengan cara memanfaatkan penyimpanan data pada memori eksternal.

Hal demikian dikarenakan memori internal dan juga RAM pada smartphone yang penuh nantinya akan membuat kinerja smartphone anda menjadi lebih lambat.

Jika anda ingin menghemat kapasitas internal storage, anda bisa menggunakan memori eksternal dan juga penyimpanan data online seperti dropbox ataupun Google Drive

Dengan melakukan penyimpanan melalui cloud storage (penyimpanan online), maka data anda otomatis akan tersimpan dengan aman selama tidak lupa dengan password yang anda gunakan.

Selain itu, jika menyimpan data anda melalui memori ekstrnal ataupun cloud storage tentunya juga akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

Untuk itu, anda juga tak perlu khawatir lagi untuk kehilangan data-data yang berharga dan penting.

3. Tidak Membiarkan Baterai Hingga 0 Persen

Untuk hindari smartphone rusak, anda juga tidak perlu menunggu baterai ponsel anda mencapai 0 persen.

Hal ini dikarenakan batas rata-rata bagi anda untuk mulai melakukan isi ulang pada baterai ponsel adalah ketika baterai smartphone telah menunjukkan indikator sebesar 25%.

Anda juga dilarang untuk mengisi ulang baterai smartphone anda secara berlebihan. Untuk itu, anda bisa mengisi ulang baterai smartphone hingga penuh.

Dan jangan meninggalkannya saat proses pengisian ulang daya smartphone dalam keadaan tertidur.

Meninggalkan smartphone saat mengisi baterai dan dalam keadaan tertidur, tentunya membuat smartphone menjadi panas serta merusak, bahkan bisa meledak.

4. Lindungi Layar Smartphone

Selain cara yang disebutkan diatas untuk menghindari smartphone rusak anda juga perlu memasang layar ponsel dengan kaca anti gores.

Hal tersebut bertujuan untuk melindungi layar smartphone anda dari goresan ataupun benda-benda yang nantinya dapat menyebabkan kerusakan pada layar.

Jika layar smartphone mengalami kerusakan, maka nantinya akan berakibat pada kesulitan untuk menggunakan smartphone tersebut.

Jadi untuk antisipasi, bisa dengan melapisi layar dengan anti gores.

Kesimpulan

Menjaga smartphone agar tidak rusak, anda perlu melakukan beberapa cara tersebut agar nantinya smartphone anda akan tetap awet dan tahan lama.

Anda mungkin juga akan membutuhkan cover pelindung smartphone yang berfungsi untuk memberikan perlindungan lebih pada smartphone anda.

Sehingga cover inipun berfungsi melindungi smartphone anda bila suatu saat terjatuh dan dapat mencegah kerusakan akibat terkena air.

Artikel Terkait:

Like, Komen, dan Share artikel ini agar bermanfaat untuk orang lain.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama.

Kamu sangat paham bagaimana cara membantunya. Terima kasih

Salam Kepotek. Kepoin Teknologi!