Mengenal Sistem Navigasi GPS Pada SmartPhone. Beidou, Glonas,Galileo dan Navstar

Navigasi atau penuntun arah sering kita gunakan dalam keidupan sehari-hari baik dalam mencari lokasi saaat berkendara dan yang populer saat ini adalah sistem tracking contohnya mencari perangkat smartphone yang hilang share lokasi dan lain sebagainya.

Perkenalan GPS

Tidak banyak yang tahu bahwa asal mula dari GPS adalah NAVSTAR, sistem navigasi satelit ini berasal dari USA dan sistem ini adalah satu-satunya sistem navigasi yang dipergunakan sampai akhir tahun 2007 silam sebagai sistam navigasi global.

Menurut data yang kami himpun dari berbagai sumber NAVSTAR 33 satelit aktif dengan 24 diantanranya beroprasional dan sisanya sebagai cadangan.

Dengan jumlah satelit tersebut manusia bisa merasakan manfaat dari sistem navigasi yang sekarang  yang semakin akurat bahkan kita bisa dengan mudah meliat posisi peta dalam bentuk 3D.

Selain itu layannan juga semakin cepat dan akurat karena banyaknya satelit yang memudahkan perangkat untuk memberi arahan menuju titik koordinat yang nyaris tepat alias presisisi.

Beidou

Sudah ada yang kenal dengan sistem navigasi ini? Coba anda lihat pada spesifikasi smartphone anda maka anda akan menemukan sistem navigasi beidou dan sistem navigasi lainnya.

Sistem navigasi ini dimiliki oleh tiongkok alias cina, tentu saja sebagai pesaing amerika china tidak ingin ketinggalan.

Sistem navigasi ini juga sudah diperkenalkan secara global dan dapat dimanfaatkan secara masal.

Akurasi yang dihasilkan oleh satelit ini diclaim mencapai 3 meter dari titik koordinat dan menurut informasi china dalam proses persiapan meluncurkan puluhan satelit dalam waktu dekat untuk meningkatkan layannan.

Glonas

Ini apalagi? sama saja ini juga merupakan sistem navigasi global sistem yang dimiliki Rusia.

Sistem satelit navigasi ini juga bisa dipergunakan secara masal dengan fungsi yang kurang-lebih serupa dengan NAVSTAR,Beidu.

Menurut keterangan dari sumber yang ada satelit pertama glonas diluncurkan sejak 2 oktober 1982 dan sampai saat ini sudah ada 24 satelit yang sudah mengorbit diangkasa.

Menurut data yang ada akurasi dari satelit 0.2M lebih akurat dibandingkan beidou dari cina.

Galileo

Bisa anda bayangkan berapa banyak satelit dari china rusia dan amerika sekarang ditamba lagi dari uni eropa yang juga meluncurkan satelit dan diberinama galileo.

Sistem navigasi ini juga sebagai alternatif GPS global satelit navigation untuk pemanfaatan sipil dan bertujuan komersil.

Berbeda dari satelit lain satelit ini banyak negara yang terlibat bahkan dalam investasi pembiayaan satelit dan bisa dikatakan satelit ini adala hasil patungan.

satelit ini memiliki akurasi yang sangat tinggi pada awalnya, namun karena hal tersebut justru sangat ditentang oleh amerika karena berpotensi membahayakan jika digunakan sebagai fungsi navigasi militer.

Fungsi

Secara umum fungsi GPS ada 5 yaitu sebagai penunjuk rute jalan, geografis, pelacakan, memantau gempa dan cuaca dan militer.

  • Rute jalan

kita tidak perlu lagi khawatir tersesat saat mencari lokasi dengan memanfaatkan teknologi ini.

Bahkan layannan GPS bisa digunakan pada saat darurat ketika anda tidak memiliki signal dari provider selular sekalipun untuk menentukan arah dan yang anda butuhkan hanya smartphone yang menyala.

  • Geografis

mungkin anda pernah melihat bentuk bumi pada google earth disana kita akan menemukan bentuk geodrafis semua wilaya dimuka bumi. dari bentuk lemba gunung samudra dan lain sebagainya.

  • Memprediksikan Bencana Alam

Penyebab gempa yang umum kitaketaui berasal dari aktifitas alam baik pergeseran lempengan pada kerak bumi, aktifitas gunung merapi bahkan bahaya dari ruang angkasa.

Dengan bantuan GPS maka BMKG bisa meramalkan dan menentukan tindakan dengan lebih cepat tanggap memberi informasi peringatan pencegahan.

  • Pelacakan

Dengan terdaftarkan gadget anda dan melengkapi kendaraan anda dengan sistem GPS security maka anda akan merasa lebi nyaman.

Karena sistim ini bisa melacak posisi dari smartphone atau benda yang dipasangkan sistem GPS baik kendaraan dll jika terjadi pencurian atau kehilangan.

  • Militer

Penggunaan GPS pada militer tentu sudah tidak asing saat ini, dimana kita bisa mengetahui zona sipil dan mana zona yang non sipil maupun zona yang sedang ada konflik dengan pengerahan militer dan tentu saja area berbahaya.

Disisi lain penggunaan GPS juga bisa difungsikan sebagai navigasi rudal ataupun senjata militer lainnya sebagai penentu target penyerangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here