Serba-serbi Penggunaan Whatsapp Web yang Perlu Kamu Ketahui

Penggunaan Whatsapp Web

Sobat tekno sudah tahu belum tentang whatsapp web? Ini adalah fitur supaya kamu dapat memainkan media sosial whatsapp lewat platform  lain seperti laptop ataupun PC.

Cara memasang wa di laptop ini pun tergolong sangat mudah lho.  Step by step bagaimana cara menggunakan whatsapp web ini adalah kamu cukup melakukan scan QR code lewat smartphone.

Selanjutnya kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini di laptop ataupun PC sebagaimana kamu memainkannya di smartphone.

Kelebihan dari fitur ini adalah karena tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga sehingga tergolong ringan dan tidak memberatkan kinerja laptop ataupun PC kamu.

Namun sayangnya fitur whatsapp web ini tergolong masih memiliki beberapa kendala seperti:

  1. Hanya bisa untuk pesan karena panggilan suara dan video tidak dapat di lakukan.
  2. Status di WhatsApp tidak bisa memperbaharuinya lewat WhatsApp Web.
  3. Tidak tersedia menu untuk share location.
  4. Tidak dapat mengubah pengaturan WhatsApp. Contohnya seperti : penerima yang sudah dibaca, unduhan otomatis media, cadangan obrolan, dan lainnya
  5. Hanya selalu terhubung dengan smartphone kamu sehingga lebih memboroskan daya baterai.
  6. Membutuhkan koneksi internet yang memadai terutama apabila kamu menggunakannya untuk mendownload gambar, video, ataupun file yang ada ke laptop atau PC kamu.

Terlepas dari kekurangan ini, whatsapp web  bisa kamu gunakan untuk menyimpan gambar , video, atau file berukuran besar sehingga tidak memakan memori penyimpanan smartphone terlalu banyak.

Selain perbandingan kelebihan dan kekurangan dari whatsapp web yang telah ditulis di atas. Sebenarnya masih ada juga lho topik- topik menarik yang bisa dibahas dari fitur ini. Apa sajakah itu?

Syarat device yang harus dipenuhi untuk menggunakan whatsapp web

Bagi kalian yang sudah mengikuti langkah-langkah bagaimana cara menggunakan whatsapp web di laptop atau PC tapi ternyata tidak bisa diaktifkan sebagaimana yang seharusnya.

Mungkin kamu perlu mengecek apakah device yg kamu gunakan sesuai untuk penggunaan fitur ini. Simak baik-baik ya persyaratannya :

  1. Pastikan kamu menggunakan  ponsel jenis Android atau iPhone.
  2. Ponsel Android yang mendukung WhatsApp adalah ponsel Android dengan sistem operasi Android 4.0.3. Sementara WhatsApp di iPhone bisa berjalan di iPhone dengan sistem operasi minimal iOS 9.
  3. Selain perangkat diatas, mendukung beberapa tablet.

Syarat untuk menggunakan whatsapp web

Cara sign-in tanpa harus scan QR code berulang kali

  1. Menggunakan fitur “keep me sign in”

Pada saat pertama kali membuka whatsapp web di laptop atau PC, sebelum melakukan scan QR code dengan smartphone pastikan kolom yang bertuliskan “keep me sign in” yang ada tepat di bawah QR code telah tercentang .

Dengan demikian selanjutnya kamu tidak perlu melakukan sign-in apabila akan membuka whatsapp web lagi.

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut emulator android (Bluestack, Nox, dll)

Dengan menginstal aplikasi ini, kamu cukup memasukkan nomor handphone saja dan sudah bisa menggunakan whatsapp di laptop atau PC kamu .

Ini adalah contoh whatsapp yang diakses lewat emulator android.

Akhir Kata

Itulah tadi sekilas informasi bagaimana cara menggunakan whatsapp web. Semoga berguna bagi sobat tekno sekalian.

close