Search Engine Lebih Keren dari Google! Wajib Cobain

0
Search Engine Lebih Keren dari Google! Wajib Cobain
Search Engine Lebih Keren dari Google! Wajib Cobain

Search Engine Lebih Keren dari Google:

Google merupakan mensin pencari (search engine) yang terpopuler saat ini. Kita mungkin hampir setiap hari gunakan jasanya.

Bahkan menyarankan kepada teman tanpa kita sadari untuk menggunakan mesin pencari raksasa tersebut.

Misalnya dengan kata yang sering kita dengar seperti: coba aja googling, cari aja di google, tanya mbah google, oke google, searching di google atau apalah yang berbau google yang sudah melekat di otak kita.

Memang google menyediakan bayak sekali fitur atau fungsi menarik yang ditawarkan sesuai kebutuhan yang memudahkan penggunanya, baik dari cepatnya pencarian, data yang ditampilkan, serta masih banyak lagi fitur lainnya yang menggiurkan.

Tanpa kita sadari juga membuatnya tampak seolah-olah tidak ada mesin pencari lain yang lebih relevan.

Tapi, sebenarnya Google memiliki persaingan yang ketat, dan jika kamu bersedia untuk melihat, sangat mungkin sekali akan menemukan banyak situs serupa yang keren.

Bahkan yang lebih keren dari Google.


Baca: Cara Kirim Foto Ukuran Penuh di Whatsapp Tanpa Kompresi

 Search Engine Lebih Keren dari Google

1. DuckDuckGO

Search Engine Lebih Keren dari Google! Wajib Cobain
Search Engine Lebih Keren dari Google! Sumber: DuckDuckGo

Mungkin kamu cukup familiar dengan search engine private ini. Buat kamu yang gunakan web browser terbaru dari mozilla yaitu Firefox Quantum maka kamu akan di suguhkan option pencarian DuckDuckGo saat akan melakukan pencarian.

DuckDuckGo merupakan mesin berbasis pencari (Search engine) yang bermarkas di Valley Forge. Nama DuckDuckGO yang dari negeri om sam ini berasal dari permainan anak-anak (bukan potong bebek angsa).

DuckDuckGo sendiri memanfaatkan/gunakaan metode website crowdsourced dalam mesinya.

  • Apa itu Crowdsourced?

Crowdsourced merupakan proses untuk memperoleh layanan, ide, maupun konten tertentu dengan cara meminta bantuan secara massal atau secara khusus melalui komunitas daring.

Proses ini yang sering kali digunakan dalam penggalangan dana maupun aksi sosial, dan dilakukan baik dalam jaringan maupun luar jaringan.

Cara kerjanya yaitu dengan menggabungkan usaha dari beberapa sukarelawan atau pekerja paruh waktu, yang masing-masing dari mereka memiliki inisiatif tersendiri untuk mencapai hasil yang maksimal.

Contoh penerapannya adalah Wikipedia, yang butuhkan banyak sukarelawan dalam membentuk sebuah proyek ensiklopedia untuk bisa diakses dan dapat dibaca siapa saja.

DuckDuckGo merupakan sebuah mesin pencari (search engine) yang menggunakan informasi dari berbagai sumber seperti Wikipedia dan juga kemitraan dengan mesin pencari lain.

Seperti Yandex, Yahoo, Bing dan WolframAlpha(mesin penjawab) untuk mendapatkan hasil pencarian.

Kebijakan mesin pencari ini melindungi privasi, tidak menjual informasi dan tidak merekam informasi pengguna.

Karena pengguna tidak di profilkan, dengan semua pengguna yang menunjukkan hasil pencarian yang sama untuk istilah pencarian tertentu.

Search Engine Lebih Keren dari Google:

2. Giggablast

Search Engine Lebih Keren dari Google! Wajib Cobain
Search Engine Lebih Keren dari Google! Sumber : Gigablast

Gigablast merupakan mesin pencari (search engine) open source yang didirikan oleh Matt Wells pada tahun 2000.

Menurut wikipedia Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun.


Baca:  AnnoymoX!! Add-Ons / Ekstension Yang Buat Kamu Anonim

Seperti mesin pencari lainnya yaitu tersedia sistem pencarian advanced (pencarian lebih spesifik atau juga tingkat lanjut), API dan lain-lain.

Namun ada yang mencuri perhatian kalian saat mencoba nanti yaitu realtime.

Gigablast menyediakan teknologi pencarian dan informasi informasi real-time berskala besar dan berkinerja tinggi.

Jadi saat kamu ketik di form search/cari, dengan sangat cepat si Gigablast akan tampilkan hasil pencarian tanpa kamu klik button search ataupun enter.

Tujuan Gigablast untuk melakukan pencarian halaman web atau untuk mengindeks miliar halaman dengan dengan kemampuan maksimal mesin pencari, tetapi menggunakan alat seminimum mungkin.

Untuk Perbandingannya Kamu Bisa Lihat Video ini :

“Gigablast adalah satu dari segelintir mesin telusur di Amerika yang mempertahankan indeks penelusurannya sendiri lebih dari satu miliar laman”.

3. Dogpile

search engine lebih keren dari google
Search Engine Lebih Keren dari Google Sumber : Dogpile

Mungkin kamu tahu bahwa search engine yang satu ini bisa yang bisa dibilang salah satu sesepuh dalam dunia mesin pencarian.


Baca: Cara Sembunyikan Foto/Video di Android Tanpa Aplikasi

Seperti yang kita tahu Dog itu sudah pasti kebayang sesosok hewan penurut yang berarti anjing, dan merupakan maskot dari Dogpile.

Pile yang berarti tumpukan, dengan tagline nya yaitu “All the best search engines piled into one”.

Bertahun-tahun yang lalu, Dogpile mendahului Google sebagai pilihan cepat dan efisien untuk pencarian.

Hal berubah pada akhir 1990-an, Dogpile pudar menjadi tidak jelas, dan Google menjadi raja.

Tetapi hari ini, bagaimanapun Dogpile akan kembali, dengan indeks yang berkembang dan presentasi yang bersih serta cepat yang merupakan kebutuhan utama dalam pencarian.

Jika kamu ingin mencoba alat pencarian dengan presentasi yang menyenangkan dan hasil crosslink yang bermanfaat mungkin ini cocok buat kamu..

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Mensin Pencari Rahasia Belum Kamu Tahu, Bahkan Lebih Keren dari Google.

Sebenarnya masih ada beberapa kandidat lain, namun mungkin kamu bisa isi di kolom komentar yang menurut kamu atau berdasarkan pengalaman mengunakannya.

“Sebaik-baiknya search engine , tetap lebih baik search engine karya anak bangsa pastinya”

Contohnya seperti Korea, China dan lainnya. Walupun ada google yang super powerfull, tapi mereka gunakan search engine produk dari negaranya sendiri.

Dengan begitu karya anak bangsa bisa berkembang dan maju, paling tidak jadi tuan rumah di negara sediri. Mungkin di artikel berikut nya akan di bahas.

Seperti kata-kata yang pasti kamu pernah dengar yaitu “Cintailah Produk-Produk Indonesia”. Semangatnya lumayan bagus untuk ditiru.

Silahkan Like Fanspage dan Follow akun media sosial kepotek untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi.

Share artikel ini, jika menurut Kamu bermanfaat bagi orang lain dan jangan lupa tinggalkan jejak dalam bentuk komentar positif dan membangun.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama. Terima kasih

Salam Kepotek. Kepoin Teknologi!

Silakan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini