Kemudahan Mengaplikasikan Rumus Microsoft Excel Penjumlahan Untuk Meringankan Tugasmu

Rumus microsoft excel penjumlahan sering ditemukan dalam daftar mesin pencarian. Kamu yang belum terbiasa menggunakan excel tentu akan mencari rumus microsoft excel lengkap dan menemukannya dalam beberapa pilihan artikel. Memang terkadang tidak mudah menghafalkan rumus-rumus dalam excel. Jadi, pilihannya kamu dapat mencarinya dalam mesin pencari atau dapat membeli buku tentang microsoft excel.

Microsoft excel umumnya sering digunakan dalam dunia kerja dan juga dunia pendidikan. Saat ingin menyajikan presentasi kamu dapat menggunakan excel seperti menggunakan grafik maupun tabel sehingga hasil datamu akan lebih mudah dipahami. Kamu yang sudah menguasai rumus microsoft excel lengkap akan dapat menyelesaikan tugas yang diemban dengan mudah dan tepat. Meskipun demikian, tetap pastikan untuk mengerjakannya dengan penuh ketelitian.

Rumus microsoft excel lengkap yang tak luput dari daftar pencarian adalah rumus microsoft excel penjumlahan. Meskipun terkesan sederhana namun orang sering lupa karena cukup banyak rumus yang terdapat pada excel. Dalam excel terdapat beberapa fungsi rumus seperti contohnya SUM, AVERAGE, VLOOKUP, SINGLE IF, MULTI IF, dan lainnya. Dalam artikel kali ini, kamu akan memperoleh informasi mengenai penggunaan fungsi SUM.

Fungsi rumus SUM dapat kamu gunakan saat ingin menjumlahkan suatu data. Rumus ini dapat menghitung otomatis jumlah total dari beberapa sel. Kamu bisa melihat cara penggunaannya seperti pada contoh berikut.

Dapat kamu lihat contoh gambar diatas dimana penggunaan fungsi SUM pada kolom rumus. Untuk menghitung total, kamu hanya tinggal memasukkan rumus ke dalam kolom dengan selalu mengawalinya menggunakan sama dengan (=).

  1. Arahkan kursor ke kolom lalu ketik =SUM(
  2. Pastikan setelah SUM selalu ikuti dengan tanda kurung. Ini berlaku juga untuk rumus selain SUM.
  3. Arahkan kursor pada sel B dan klik angka 5.
  4. Saat kamu klik angka 5, pada kolom rumus akan otomatis terisi B2.
  5. Setelah klik angka 5, kamu dapat menariknya ke bawah hingga angka 8.
  6. Jika sudah akhiri dengan kurung tutup dan tekan Enter.
  7. Atau kamu dapat menuliskannya langsung tanpa menarik kursor ke bawah seperti yang tertera pada kolom rumus di gambar. Begitu juga menghitung harga yang ada di kolom sebelahnya. Caranya pun sama seperti sebelumnya.

Jadi, dengan mengetahui satu dari sekian rumus excel ini dapat membantu kamu menyelesaikan tugas khususnya dalam hal penjumlahan. Masih terdapat rumus excel lainnya yang dapat kamu temukan dan diaplikasikan sesuai dengan tugas yang akan kamu kerjakan. Kamu dapat mencoba rumus lain dan usahakan untuk sering berlatih menggunakan excel. Demikian contoh dasar dari penggunaan rumus microsoft excel penjumlahan yang dapat kamu praktikan agar menjadi lebih terbiasa bekerja memakai excel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here