Rumus Microsoft Excel Lengkap yang Wajib Kamu Ketahui

Selain Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint tentu Microsoft Excel juga penting untuk Kamu pelajari.

Dimana aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang esensial dan diperlukan oleh semua orang terutama didalam bidang akuntansi dan perhitungan.

Microsoft Excel ini memiliki fungsi yaitu untuk melakukan perhitungan hingga membuat aplikasi ini sangat banyak digunakan, baik itu bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah, kuliah hingga yang sudah bekerja.

Oleh karena itu, jika Kamu ingin pintar menggunakan aplikasi tersebut tentunya Kamu harus mengetahui tentang rumus-rumus di Microsoft Excel.

Nah, untuk mengenai hal ini maka berikut ini Kamu bisa melihat secara jelas tentang rumus Microsoft Excel lengkap, apa saja langsung saja yuk, kita lihat bersama!

Sekilas Tentang Microsoft Excel

Nah, sebelum membahas mengenai rumus Microsoft word Excel maka ada baiknya Kamu mengetahui secara sekilas tentang Microsoft Excel.

Dimana aplikasi Microsoft Excel ini merupakan sebuah aplikasi spreadsheet yang memang telah dikembangkan langsung oleh Microsoft untuk beberapa sistem operasi seperti Microsoft Windows, iOS dan Mac OS X.

Tak hanya itu saja, di dalam aplikasi ini tentunya akan terdapat banyak pula berbagai macam fitur terlengkap dan terbaik yakni seperti kalkulasi, grafik, tabel dan juga lainnya.

Jadi, pada dasarnya aplikasi seperti Microsoft Excel ini juga tidak hanya dapat digunakan untuk operasi penghitungan saja.

Akan tetapi aplikasi ini juga dapat memiliki kegunaan lainnya dari berbagai bidang.

Nah, apa saja kegunaan dari Microsoft Excel ini, berikut bisa Kamu simak dengan jelas.

Kegunaan Microsoft Excel

Ada banyak hal menarik dari aplikasi ini selain belajar mengenai rumus Microsoft Excel penjumlahan yaitu dari segi kegunaannya di berbagai bidang terutama tentang fungsi-fungsinya yang mana memang dapat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun tugas-tugas dengan cepat.

Untuk itu, beberapa bidang ataupun fungsi pekerjaan dari penggunaan Microsoft Excel ini, diantaranya yaitu seperti :

  • Bidang akuntansi
  • Kalkulasi matematis
  • Pengelolaan data
  • Pembuatan grafik
  • Operasi tabel

Rumus Lengkap Dalam Microsoft Excel

Seperti yang Kamu ketahui bahwa Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengelola data sehingga memang membutuhkan rumus-rumus tertentu sebagai salah satu langkahnya.

Jadi, disini Kamu bisa melihat secara jelas mengenai rumus Microsoft Excel lengkap sehingga Kamu bisa mengetahuinya dengan pasti.

Beberapa rumus yang nantinya dapat digunakan dalam aplikasi ini, diantaranya:

  1. SUM

Rumus SUM ini tentunya berfungsi untuk mencari penjumlahan ataupun menjumlahkan. Rumus SUM tersebut juga sering digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan ataupun tugas dengan sangat cepat.

Nah, untuk cara menggunakan rumus ini yaitu pertama Kamu bisa membuat tabel penjumlahan dan juga masukkan pula rumus SUM tersebut. Misalnya yaitu =SUM (D3:E3).

Jika sudah dimasukkan rumus SUM sesuai yang Kamu inginkan maka jangan lupa untuk menekan enter maka hasil jumlah akan keluar dengan sendirinya.

  1. AND

Berikutnya AND. Dimana AND ini berfungsi untuk menghasilkan nilai TRUE apabila semua argumen yang nantinya di uji bernilai BENAR dan juga FALSE apabila semua data yang dimaksud memiliki 1 argumen yang bernilai SALAH.

Untuk cara menggunakan rumus microsoft word lengkap ini sangat mudah sekali, pertama Kamu harus membuat tabel dan juga masukan rumus AND agar bisa mengetahui tentang TRUE atau FALSE. Sebagai contoh misalnya yaitu =AND(D3>G3).

Kemudian jika sudah maka jangan lupa untuk menekan enter dan hasil akan keluar dan diketahui apakah hasilnya FALSE atau FALSE.

  1. AVERAGE

Untuk rumus AVERAGE ini memiliki fungsi untuk mencari nilai rata-rata pada suatu variabel.

Contoh penggunaan rumus tersebut yaitu seperti =AVERAGE(D3:F3) dan tekan enter maka hasilnya akan keluar serta Anda bisa mengetahui nilai rata-rata tersebut.

  1. NOT

Pada rumus NOT ini tentunya memiliki fungsi utama yaitu kebalikan dari rumus AND yang mana untuk menghasilkan TRUE apabila kondisi yang diuji nantinya SALAH dan sebaliknya FALSE apabila yang diuji tersebut BENAR.

Untuk cara menggunakan rumus ini, Kamu harus buat tabel terlebih dahulu dan masukan rumus NOT dengan cara =NOT(G3<G4) dan tekan enter maka hasilnya akan muncul.

  1. SINGLE IF

Fungsi dari rumus SINGLE IF ini yaitu mengembalikan sebuah nilai yang mana apabila kondisi yang di cek BENAR atau SALAH serta mengembalikan pula sebuah nilai lainnya apabila kondisi yang dicek FALSE/SALAH.

Misalnya =IF(G3<75;”TIDAK LULUS”;”LULUS”) dan tekan enter maka hasil akan muncul di tabel.

  1. MULTI IF

Sedangkan untuk rumus MULTI IF ini yaitu hampir sama dengan fungsi SINGLE IF, akan tetapi rumus ini nantinya akan di ambil dari 2 kondisi ataupun bisa ditumpuk beberapa perintah.

Misalnya yaitu =IF(G3>75;”LULUS”;IF(G4>75;”LULUS”;IF(G5<75;”TIDAK LULUS”))) dan tekan enter maka hasil akan muncul.

  1. OR

Untuk fungsi rumus OR ini tentunya akan menghasilkan TRUE/BENAR apabila beberapa argumen yang bernilai BENAR dan SALAH apabila semua argumen tersebut SALAH.

Untuk tutorial belajar Microsoft Excel dengan menggunakan rumus OR maka caranya buat tabel dan masukkan rumus OR seperti =IF(OR(F2>=75; G2>75);”LULUS”;”HER”) dan tekan enter maka hasil tersebut akan keluar di tabel.

  1. CHOOSE

Pada rumus CHOOSE ini yaitu untuk menampilkan hasil dari pilihan yang berdasarkan nomor indeks ataupun urutan yang ada pada suatu VALUE (referensi) yang mana berisikan data teks, formula (nama range) atau numeric.

Caranya masukkan rumus CHOOSE pada tabel =CHOOSE(K4;L2;L3;L4;L5) dan tekan enter maka hasil akan keluar.

  1. AREAS

Rumus AREA berfungsi untuk menampilkan jumlah pada area seperti range atau sel didalam suatu VALUE. Contohnya yaitu seperti =AREAS((G2;G3;G4)).

  1. LOOKUP

Sebagai langkah yang tepat untuk bisa mengetahui rumus dari Microsoft Excel yaitu dengan mencari tahu tentang tutorial menggunakan Microsoft Excel salah satunya yaitu LOOKUP.

Yang mana rumus ini berfungsi untuk mencari sebuah nilai data yang ada pada suatu kolom ataupun suatu row.

Untuk rumusnya bisa menggunakan Syntax: =LOOKUP(lookup_value,array).

  1. VLOOKUP

Selanjutnya ada juga VLOOKUP yang berfungsi untuk mencari suatu nilai yang ada pada data dalam sebuah range atau tabel.

Caranya yaitu Kamu bisa memasukkan rumus seperti Syntax: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup]).

  1. MATCH

Salah satu contoh rumus Excel lengkap yaitu MATCH. Dimana fungsi dari rumus ini yaitu menampilkan posisi suatu alamat sel yang mana telah ditetapkan sebelumnya yang terdapat di dalam sekelompok data.

Untuk contoh penggunaan rumus ini yaitu seperti =MATCH(E20;E8:E17;0).

Kesimpulan

Jika berbicara dan membahas mengenai Microsoft Excel tentu tidak akan ada habisnya.

Selain fungsi penting seperti mail merge di Excel tentu beberapa rumus seperti di atas juga tidak kalah penting untuk Kamu ketahui.

Untuk itu, jika Kamu ingin pintar menggunakan Microsoft Excel dan dapat bekerja dengan baik maka Kamu harus bisa mempelajari berbagai rumus Microsoft Excel lengkap sehingga pekerjaan Kamu bisa dilakukan atau dikerjakan dengan cepat dan mudah.

close
en English
X