Rekayasa Perangkat Lunak, Tujuan, & Lapisan RPL!

0
Apa itu Software Enginnering/Rekayasa Perangkat Lunak
Sumber: INTRACOM Defense Electronics

Menurut Wikipedia rekayasa perangkat lunak (RPL)/software engineering adalah salah satu bagian profesi yang mempelajari/mendalami bagaimana cara pengembangan perangkat lunak (software) termasuk proses pembuatan, perawatan, manajemen organisasi pengembanganan software serta manajemen kualitas.

Namun, sebelum kita memahami tentang apa itu rekayasa perangkat lunak, ada baiknya kita tahu kata kunci utama yaitu definisi perangkat lunak atau disebut juga software.[artikel number=3 tag=”tutorial”]

Definisi Perangkat Lunak/Software

Pada awal pengembangan perangkat lunak, para pembuat program (programmer) langsung melakukan pengkodean/mengoding perangkat lunak tanpa menggunakan prosedur atau tahapan pengembangan perangkat lunak.

Kemudian ditemuilah kendala-kendala seiring dengan perkembangan skala sistem-sistem perangkat yang semakin besar.

1. Perangkat Lunak Menurut Pressman

Perangkat lunak merupakan instruksi (program komputer) yang bila di jalankan memberikan fitur, fungsi, dan kinerja yang diinginkan, struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara memadai, dan informasi deskriptif pada hard copy dan bentuk virtual yang menggambarkan operasi dan penggunaan program. (Pressman. 2015:4)

2. Perangkat Lunak Menurut M. Shalahudin

Perangkat lunak (software) adalah program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi seperti dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaan. Sebuah perangkat lunak juga sering disebut dengan sistem perangkat lunak. Sistem berarti kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai satu tujuan yang ingin dicapai. (Rosa A.S & M. Shalahudin. 2016:2)

Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Software engineering merupakan salah satu bagian dari rumpun ilmu komputer.

Tepatnya merupakan pengembangan dan pembangunan perangkat lunak sistem komputer & perangkat lunak (software) aplikasi.

Perangkat lunak sistem komputer terdiri dari program yang mengatur utilitas komputisasi dan sistem operasi.

Sedangkan Aplikasi software sendiri termasuk dalam user-focused program, contohnya seperti: program database, web browser, dan lain-lain.

Seperti kita tahu pengetahuan/ilmu mengenai bahasa pemograman, pengembangan perangkat lunak, dan sistem operasi komputer merupakan tiga komponen utama dari ilmu komputer.

Software engineering sendiri saling berhubungan dengan rekayasa perangkat keras (hardware engineering). Namun memiliki sedikit perbedaan diantara keduanya.

Hardware engineering yaitu proses design & pengembangan perangkat keras teknologi komputer. Seperti misalnya design processor, networking, dan lainya.

Cabang utama Karir Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut ini Beberapa cabang utama atau cabang karir dari software engineering yaitu:

1. Pengembangan Aplikasi (Application Development)

Berdasarkan pada kemampuan problem-solving, non-Web software development. Bahasa pemograman yang digunakan diantaranya Java dan C#.

2. Pengembangan Sistem (System Development)

Desain dan koding. Digunakan untuk mendukung application development. Bahasa pemograman yang digunakan antara lain C dan C++.

3. Pengembangan Website (Web Development)

Melakukan design software atau aplikasi untuk dijalankan pada web browser. Menggunakan bahasa pemograman seperti HTML, JavaScript, Python, dan PHP.

4. Pengembangan Sistem Tertanam (Embedded System Development)

Melakukan desain sistem komputer dan peragkat lunak untuk digunakan pada perangkat non-komputer, seperti mobil.

Menggunakan bahasa pemrograman seperti C serta gabungan dari bahasa pemrograman lainya.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Menurut para Ahli

1. Al- Bahra Bin Ladjamudin

Dalam bukunya menyatakan rekaysa perangkat lunak sebagai kebutuhan fungsional dan kinerja yang dinyatakan secara eksplisit, standar pengembangan yang di dokumentasikan secara eksplisit, dan karakteristik implisit yang diharapkan bagi semua perangkat lunak yang dikembangkan secara professional. (2006:91)

2. Fritz Bauer

Menjelaskan definisi dari rekayasa perangkat lunak yaitu pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan prinsip rekayasa yang kuat untuk menghasilkan software yang ekonomis, handal, dan bekerja secara efisien.

3. Pressman

Rekayasa perangkat lunak menurut Pressman adalah penerapan pendekatan sistematis, disiplin, terukur terhadap pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak, itu semua merupakan penerapan teknik kedalam perangkat lunak.


Baca juga: Apa itu Paten dan Fungsinya?

Lapisan Rekayasa Perangkat Lunak

Lapisan-rekayasa-perangkat-lunak
Sumber Gambar: ResearchGate

Mendefinisikan rekayasa perangkat lunak merupakan teknologi yang bertingkat atau berlapis, lapisan-lapisan teknologi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berpusat pada Kualitas (a quality focus)

Semua proses perancangan (termasuk rekayasa perangkat lunak) sangat dipengaruhi oleh komitmen organisasi terhadap kualitas.

Filosofi–filosofi tentang kualitas akan terus memperbaiki proses perancangan dan akhirnya akan berpengaruh terhadap pendekatan rekayasa perangkat lunak yang lebih efektif.

2. Proses (process)

Lapisan ini merupakan lapisan yang menghubungkan teknologi – teknologi yang digunakan dalam perancangan program dan memungkinkan pembuatan program diselesaikan dengan tepat waktu.

Proses ini mendefinisikan framework yang harus dibuat agar teknologi yang digunakan dalam pembuatan program dapat dimanfaatkan dengan efektif.

3. Metode (Methods)

Lapisan metode dari rekayasa perangkat lunak menjelaskan secara teknis bagaimana cara membangun perangkat lunak.

Lapisan ini terdiri dari tugastugas yang mencakup tentang: analisis kebutuhan (requirement analysis), model desain (design modelling), pembuatan program (program construction), pengujian (testing) dan pendukung (support).

4. Alat (Tools)

Lapisan ini menyediakan bantuan secara otomatis dan semi-otomatis untuk Lapisan proses dan metode.

Ketika alat sudah terintegrasi sehingga informasi yang dihasilkan oleh suatu alat dapat digunakan oleh yang lain, maka terbentuklah sebuah sistem untuk membantu proses perekayasaan perangkat lunak yang disebut Computer Aided Software Engineering.

Keterkaitan Rekayasa Perangkat Lunak dengan Ilmu Lain

Keterkaitan RPL dengan Ilmu Lain

Cakupan ruang lingkup yang cukup luas, membuat RPL sangat terkait dengan disiplin dengan bidang ilmu lain.

Tidak saja sub bidang dalam disiplin ilmu komputer namun dengan beberapa disiplin ilmu lain diluar ilmu komputer.

  • Bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial, pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan, dan strategi bisnis.
  • Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit.
  • Bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode kuantitatif.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak/RPL

Secara umum tujuan RPL tidak berbeda dengan bidang rekayasa yang lain. Hal ini dapat kita lihat pada Gambar di bawah ini:

Tujuan Umum RPL

Dari Gambar di atas dapat diartikan bahwa bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat.

Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan rekayasa perangkat lunak adalah:

  • Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.[artikel number=3 tag=”internet” ]

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan tentang perangkat lunak, software engineering menurut para ahli, tujuan, cabang utama dan karir dibidang software engineering, hubungan atau keterkaitan rpl dengan disiplin ilmu lainya, dan lapisan rekayasa perangkat lunak.

Silahkan Like Fanspage dan Follow akun media sosial kepotek untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi.

Share artikel ini, jika menurut Kamu bermanfaat bagi orang lain dan jangan lupa tinggalkan jejak dalam bentuk komentar positif dan membangun.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama. Terima kasih

Salam Kepotek. Kepoin Teknologi!

Silakan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini