Prosesor Chipset dan Fungsinya Pada Smartphone

Fungsi Chipset Pada Smartphone

Prosesor Chipset dan Fungsinya :anda melihat informasi spesifikasi pada smartphone, perangkat PC dan alat komputasi/komputer berbasis digital tentu tidak asing pada prosesor.

Secara fungsi Prosesor merupakan bagian penting untuk pemrosesan komputasi dengan algoritma pemrograman digital ataupun pemrograman lain atau bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Seperti, smartphone, tablet, kalulator DLL dan secara fisik procesor adalah salah satu komponen yang berada pada mother board circuit.

Apa itu Chipset Smartphone

Ada tiga persyaratan dasar teknologi komputer yaitu software, brainware, hardware. agar mudah dimengerti prosesor merupakan otak dari CPU.

Nah, didalam CPU ada sekumpulan komponen seperti ram, kartu grafis dan otak dari CPU itu sendiri yang biasanya disebut Chipset seperti Intel pentium, AMD, IBM, Dll.

Semua itu terhubung dengan mother board sahingga saling terintegrasi dalam sirkuit, selain itu juga ada kabel, jack, monitor, mouse, dan berbagai perangkat eksternal, hardisk,memori, dll. Yang juga bisa dikoneksikan.

Lalu, semua itu hanyalah sebagai perangkat keras atau hanya benda yang tidak berfungsi jika tidak dialiri listrik atau power suplly.

dan komputer dan bahasa dan data yang disematkan dan diprogram pada memori komputer kita sebut software.

Sampai disini maka, memori komputer sudah terisi/ terprogram dengan software yang tersimpan pada storage memori utama seperti SSD, HDD.

Sebagai informasi tambahan memori juga bisa berupa cloude, VPS Hosting yang menggunakan server sendiri.

Tentunya memiliki syarat dan ketentuannya sendiri jika ingin mengunakan layanan tersebut.

Kembali ke topik, agar mesin smartphone maupun PC dapat mengerti apa keinginan brainware.

Maka dibutuhkan chipset sebagai otak yang yang dapat menyimpulkan secara tepat perintah yang diminta brainware untuk diproses dan ditampilkan dengan hasil berupa tampilan visual, audio, gerakan dan sebagainya.

Fungsi Prosesor

Prosesor memiliki fungsi sebagai eksekutor dari perintah brain ware atau user dan yang terkini sekarang brain ware sudah mulai berkembang menuju sistem dan teknologi yang lebih canggih seperti Ai (artificial intelegence).

Analogi dan Contoh

ketika anda memberikan perintah melalui hardware seperti mouse, kyboard, touch screan smartpone maka printah akan diproses oleh prosesor dan ditampilkan pada layar monitor.

Baca Juga:

Pengaplikasian Prosesor

Prosesor sudah diaplikasikan pada berbagai perangkat mesin komputer dekstop/PC dan sejenisnya, smartphone, otomotive, mesin industri,alat kesehatan sistem smart home, smart city dll.

Produsen, Partner, Lisensi & Network

Ada berbagai produsen, partner dan pemegang lisesensi yang terintegrasi sebagai persaran pembuat, pengembang chipset ataupun prosesor.

Chipset populer saat ini

Sampai saat ini bisa ditemui diberbagai smartphone PC dan berbagai peralatan yang menggunakan teknologi sistem komputer.

  1. Intel
  2. AMD
  3. ARM
  4. Samsung Exynos
  5. Mediatek
  6. Invidia
  7. VIA
  8. IBM
  9. Qualcomm
  10. Transmeta
  11. IDT
  12. Transmeta

Parameter

Terdapat parameter yang penting pada procesor biasanya dikenal dengan CPU speed, hal ini sering tidak tepat dengan menyamaartikannya hanya sebagai chip speed.

Melainkan, CPU Speed merupakan nilai kecepatan yang merupakan gabungkan berbagai komponen dengan perhitungan matematika komputer, dan terdapat berbagai kriteria, kategori dan material seperti; RAM, GPU, CHipset/Otak, Arsitektur.

Optimasi CPU

Pada CPU juga dikenal istilah Overlock, dimana kinerja CPU dapat dimaksimalkan potensinya.

Dengan algoritma pemrograman beberapa model chipset dapat dipacu sampai batas maksimal tingkatan maksimal.

Dampak Optimasi

Akan ada dampak positif dan negatif dari kegiatan Overlock pada CPU Custom maupun Chipset diantaranya;

Negatif, Overheat, data crash, Boros Listrik maupun batrai

Positif, Kinerja komputer dapat melampaui standard normal

Solusi Overlock PC

Jika user ingin melakukan overlock pada CPU pada komputer dekstop maka disarankan;

  • Kipas yang lebih besar dan rpm yang lebih cepat

Tujuannya, untuk mengurangi panas pada cpu yang bisa mengakibatkan kerusakan

  • Moterboard dengan kualitas material tahan panas

Sebagai pelindung jika terjadi kerusakan pada kipas yang kadang tidak disadari dan berpotensi merusak komponen yang terdapat pada motherboard.

  • Menambah daya Power suplly

Solusi Smartphone

Biasanya, pada smartpone sudah dilengkapi dengan sistem otomatis untuk memantau suhu smartphone;

  • Atifkan tempratur pada suhu pada tempratur yang

Kamu bisa lihat video dibawah ini untuk referensi tambahan tantang Prosesor Chipset, jenis chipset, fungsi chipset pada smartphone, dan merek-merek chipset prosesor.

READ EXT:

› Review VPS Digital Ocean untuk Blogger/Website

› Cara Membuat Bot Telegram

close