14 Penyebab Listrik Boros Dan Kebiasaan Yang Menyebabkannya

Pusing dengan tagihan listrik yang besar setiap bulan, ditambah lagi tarif dasar listrik yang terus naik (TDL), dan bisa di bayangkan berapa besar pengeluaran anda jika dikalulasi dalam setahun untuk listrik.

Seperti kata pepatah hemat pangkal kaya, hemat listrik menandakan bahwa anda adalah seorang yang bijak dan bersyukur.

Ada banyak faktor yang menyebabkan pemborosan listrik dan dan faktor terbesarnya adalah kebiasaan dan gaya hidup yang tidak terkontrol, maka butuh kesadaran dan manajemen untuk merubah kebiasaan tersebut.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Boros Listrik

Taukah anda salah satu penyebab pengeluaran biaya listrik anda bisa dikurangi hanya dengan merubah kebiasaan kecil dan kesadaran terhadap gaya hidup yang tidak tepat?

Kebiasaan ini umum dilakukan juga sering diremehkan. Terbiasa denga gaya hidup boros listrik tidaklah baik karena selain berlebihan tentu juga tidak efisien.

Perbaikilah kebiasaan kecil tersebut dan jadilah lebih pintar dengan mengetahui kebiasaan yang menyebabkan boros listrik dibawah ini.

Kenali kebiasaan yang menjadi penyebab boros listrik

Berikut ini kebiasaan umum yang sering dilakukan dan di sepelekan yang dapat mengakibatkan biaya listrik meningkat dan boros;

Kebiasaan membuka pintu pada ruangan AC

 

Saat anda membuka ruangan maka udara dingin akan keluar dari pintu yang anda buka dan menyebabkan penigkatan suhu pada ruangan AC tersebut.

Akibatnya mesin AC akan bekerja kembali untuk menurunkan suu ruangan.Ini adala pemborosan, mengapa?Karena tersebut akan bekerja ekstara dan tentu mengkonsumsi listrik

Kebiasaan Membuka kulkas Terlalu Sering

 

Tidak berbeda dengan AC, Kulkas juga memiliki termometer suhu. Fungsinya adalah menjaga tempretur pada yang dibutuhkan, maka sama saja seperti cara kerja pendingin pada umumnya.

Kebiasaan membuka kulkas harus dikurangi jika anda ingin menghemat listrik.

karena semakin sering anda membuka kulkas maka suhu akan meningkat secara derastis dan mengakibatkan mesin terus bekerja dan mengakibatkan boros listrik.

Lupa untuk Matikan Peralatan Elektronik

 

Peralatan elektronik seperti TV dan PC, laptop, kipas angin sangat boros listrik, apa lagi model lama seperti tv tabung, plasma dll.

Bisa anda bayangkan seberapa boros listrik anda, banyak yang bisa anda hemat dengan disiplin mematikan perangkat elektronik setelah digunakan.

Jangan biarkan kebiasaan buruk ini berlangsung jika tidak ingin biaya listrik anda membengkak.

Kebiasaan Menggunakan Water heater Electric

 

Water heater merupakan alat elektronik yang menggunakan elemen pemanas yang berdaya tinggi dan bisa mencapai 2000 watt lebih.

Terlalu sering menggunakan water heater atau pemanas air akan mengakibatkan listrik boros.

Kebiasaan Menghidupkan Lampu Disiang Hari

 

Sering kali dengan sengaja anda melakukan pembiaran terhadap lampu yang masih menyala disiang hari dan bahkan nonstop, apalagi lampu tersebut bukan lampu dengan kategori hemat energi.

Inilah salah satu kebiasaan yang menyebebabkan listrik boros dan umun dilakukan.

maka matikan lampu jika sudah tidak dibutuhkan secara disiplin maka anda bisa melakukan efisiensi listrik atau anda bisa menggunakan cahaya matahari sebagai alternatif penerangan disaiang hari.

Lakukan pengecekan dan matikan semua lampu disiang hari, baik lampu didalam ruma ataupun luar rumah (Lampu taman,garasi dan lampu sorot di taman)

Kebiasaan menggunakan hair dryer dan Catok Rambut

 

Perlu anda ketahui bahwa hair drayer dan catok rambut mengkonsumsi listrik sangat banyak karena mengunakan elemen pemanas, setidaknya bisa mencapai 1000 wat untuk catok rambut dan +1000 wat untuk Hair dryer.

Penggunaan terlalu sering akan sangat boros listrik, kurangi kebiasaan mencatok dan mengeringkan rambut dengan alat elektronik.

Kebiasaan Menggunakan Kompor Listrik dan Induksi

 

Jenis kompor berdaya listrik besar adalah kompor listrik dan kompor induksi kedua jenis kompor ini sangat boros arus listik.

Maka, anda tidak boleh terlalu sering mengunakan jenis kompor ini karena mengunakan daya listrik ribuan watt.

Kebiasaan menggunakan Microwave

 

Menggunakan microwave tanpa aturan adalah kebiasaan instan yang sangat boros arus listrik dan sering dilakukan banyak orang.

Gaya hidup demikian sangat berpotensi meningkatkan biaya listrik karena microwave membutuhkan listrik yang tinggi dan bisa mencapai ribuan watt.

Kebiasaan Mengunakan Oven Listrik

 

 

Oven listrik adalah peralatan dapur yang sudah populer selain instan dalam penggunaannya juga membuat dapur terlihat elegan.

Namun, jika anda ingin mengemat listrik anda harus mengurangi intensitas penggunaan oven listrik karena listrik yang dikonsumsi oleh alat ini mencapai ratusan bahkan ribuan watt.

Kebiasaan Menggunakan Dispenser Panas Dingin

 

Penggunaan dispenser dengan fungsi pendingin sekaligus pemanas air juga termasuk pemborosan listrik.

Gaya hidup instan dengan penggunaan alat ini sangat tidak tepat jika anda ingin menghemat listrik.

Karena dispenser model seperti ini menggunakan motor listrik atau mesin dan sekaligus menggunakan elemen pemanas.

Dima sangat berpotensi menghabiskan ribuan watt pada mode pemanas air. ditambah motor listrik yang selalu menyala sepanjang waktu.

Kebiasan menghidupkan AC Nonstop

 

Suhu ruangan tentu menjadi masalah yang membuat tidak nyaman, dan AC adalah satu-satunya solusi yang sering digunakan untuk mengatasi masalah panas diruangan.

Tetapi penggunaan air conditioner nonstop akan sangat boros listrik apa lagi AC yang Anda gunakan adalah model lama yang tidak memiliki fitur hemat energi .

Kebiasaan Menyeterika dengan Suhu Terlalu Tinggi

 

 

Semakin panas seterikaan maka daya listrik yang digunakan semakin besar, maka suhu panas pada seterikaan dan sesuaikan kebutuhan saja.

Selain itu juga dapat merusak pakaian anda jika elemen strika terlalu panas. Sesuaikan terhadap aturan seterika untuk jenis bahan pakaian.

Kebiasaan menggunakan banyak kabel colokan

Banyak kabel sembrawut dirumah dan tercolok pada listrik juga merupakan pemborosan listrik.

hal ini sering disepelekan dengan asumsi yang salah, bawasannya jika hanya kabel saja maka tidak akan ada konsumsi listrik.

Ternyata anggapan anda itu salah, kabel yang tercolok pada listrik ternyata tetap menjadi sumber pemborosan listrik.

Kebiasaan Tidak mengunakan fitur Hemat Energi

 

Jaman sekarang semua produsen elektronik mengkapanyekan fitur hemat energi pada peralatan elektronik, tentu saja tujuannya adalah untuk menghemat listrik dan energi.

Maka periksalah peralatan elektronik anda dan perhatikan keterangan produk dan manfaatkan fitur tersebut sesuai kebutuan dan menurut ketentuan yang dianjurkan.

Dengan mendisiplinkan penggunaan fitur hemat energi akan sangat menghemat biaya listrik.

Membiarkan voltase yang Tidak Stabil

Untuk standar terbaik tentu saja adalah 220V, namun voltase demikian jarang bisa ditemukan di Indonesia. Untuk solusinya gunakan stabilizer.

Prioritaskan stabilizer pada alat elektronik yang tidak menghalangi listrik dan rentan arus listrik yang tidak stabil.

Ciri Voltase tidak setabil, lampu sering redup dan mudah putus, alat elektronik sering rusak dan peningkatan pengeluaran biaya listrik.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk menghemat listrik dan salah satunya adalah merubah kebiasaan. kesadaran untuk hidup hemat energi harus dilestarikan demi masa depan yang lebih baik untuk anda dan generasi selanjutnya.

bisa dibayangkan uang yang anda bisa hemat dalam setahun dari efisiensi penggunaan listrik, syaratnya hanya dengan merubah kebiasaan kecil seperti diatas.

Terimakasi, semoga artikel ini dalpat mengurangi biaya listrik dan semakin bijak mengontrol kebiasaan boros. Salam kepotek, kepoin teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here