Pengertian Root, Fungsi & Tujuannya.

0
Aplikasi Root android

Melakukan rooting pada piranti smartphone sangat populer dan viral sampai saat ini.

Tentu saja bukan tanpa alasan, Mengapa demikian?

Dengan melakukan root maka user smartphone akan lebih leluasa mengontrol dan membuat pengaturan sendiri.

Pengertian Root, Jika diterjemakan dalam bahasa indonesia adalah akar, sedangakan tujuan dan dasar melakukan root (Android) adalah kontrol atau akses penuh teradap hak dan perizinan administrator.

Root Artinya Apasih?
Devinisi Root pada sistem operasi android, memodifikasi source kode dari sistem operasi android untuk tujuan memanfaatkan, mengelola, bahkan mengapus data dari piranti yang mengunakan sistem operasi android .

Baik dari kendali penuh atas sistem operasi google android ataupun pihak pabrik pembuat piranti smartphone yang telah diatur, dibatasi, dan dijamin oleh undang-undang hukum ITE.

Kode sumber sebagai pedoman atau petunjuk  yang merujuk kepada dasar kepentingan yang menyertakan tujuan-tujuan tertentu disebut ujicoba/eksperimen.

Tujuan Melakukan Root

  1. Bebas menginstal dan menjalankan Aplikasi khusus/Menjalankan aplikasi yang tidak didaftarkan pada layanan google play.
  2. Memodifikasi pengaturan smartphone menjadi unik (tidak standar seperti bawaan pabrik), seperti update versi sistem operasi menjadi terbaru sementara spesifikasi tidak mencukupi.
  3. Menghapus Aplikasi bawaan yang tidak diperlukan, seringkali aplikasi bawaan pabrik kurang kompeten dan hanya menambah beban ram dan storage internal dengan melakukan root dapat mengapus aplikasi bawaan pabrik tersebut dan digantikan dengan aplikasi sejenis yang lebih mendukung.
  4. Memaksimalkan kinerja Ram tanpa harus menginstall aplikasi tambahan, untuk menjalankan aplikasi tertentu membutukan spesifikasi ram yang tinggi, seperti game tertentu yang sangat membebani RAM hal ini bisa diakali dengan modifikasi sistem operasi android.
  5. Smartphone tidak mudah panas saat digunakan dalam waktu yang lama saat menjalankan aplikasi tertentu.
  6. Life time baterai lebih panjang dan piranti akan lebih awet.

Kesimpulan:

Melakukan root pada android memiliki kekurangan dan kelebihan, maka harus mempertimbangkan juga efek samping dari rooting, melakukan rooting sebaiknya didukung pengetahuan yang cukup dalam penerapannya.

Silakan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini