Fungsi dan Contoh Rumus Excel Lengkap yang Harus Kamu Ketahui

Untuk mengolah data pada aplikasi Microsoft Excel kamu butuh rumus yang tepat supaya hasilnya akurat. Setiap perhitungan memiliki format yang berbeda-beda. Baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga persentase sekalipun. Supaya rumus yang digunakan nggak keliru, berikut ini contoh rumus excel lengkap yang perlu kamu ketahui.

Rumus Excel Penjumlahan dan Pengurangan

Rumus pengurangan dan penjumlahan adalah hal yang paling sering digunakan. Rumus penjumlahan dalam Excel bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu:

  • =A1+B1

A1 adalah sel atau range 1 sementara B1 adalah sel atau range kedua. Jika data kamu lebih dari dua sel, kamu tinggal menambahkan sel berikutnya ke dalam rumus.

  • =SUM(sel awal:sel akhir)

Rumus SUM bisa kamu gunakan untuk menghitung satu range. Misalnya range A1 hingga B7, maka kamu bisa menggunakan rumus =SUM(A1:B7). Sedangkan untuk menghitung nilai rata-rata dari beberapa range, kamu bisa menggunakan rumus =AVERAGE(A1:B7,E1:F7).

Sedangkan untuk menghitung pengurangan, rumus excel yang biasa digunakan adalah =(sel awal-sel akhir) atau (B2-B7).

Rumus Excel Perkalian dan Pembagian

Contoh rumus excel lengkap berikutnya adalah untuk menghitung perkalian dan pembagian. Yaitu dengan cara seperti berikut ini:

  • (sel pertama*sel yang akan dikalikan) misal (E3*E7).
  • Atau menggunakan rumus =PRODUCT(sel pertama*sel yang akan dikalikan) misalnya =PRODUCT(B3*B5)

Sedangkan untuk rumus pembagian adalah sebagai berikut:

  • =(sel pertama/sel yang akan dibagi) misal =B2/B1

Rumus Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah Pada Excel

Selain penjumlahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian, kamu juga bisa mencari nilai tertinggi dan terendah pada data dengan rumus microsoft excel lengkap berikut ini.

  • MAX(sel data awal:sel data akhir) misalnya adalah =MAX(C1:C20)
  • Untuk mencari nilai terendah, kamu bisa menggunakan rumus =MIN(sel data awal:sel data akhir) misal =MIN(C1:C20)

Rumus Persen Pada Microsoft Excel

Rumus berikutnya adalah untuk menghitung persen pada Microsoft Excel. Contohnya adalah seperti berikut =(D3-D2)/D2. Kamu bisa mengganti sel pada rumus sesuai dengan data yang kamu miliki. Selain rumus persen, kamu juga bisa menggunakan rumus ‘IF’ untuk menghasilkan nilai melalui uji logika. Hasil perhitungan dengan rumus ‘IF’ adalah true atau false. Rumus perhitungan dengan ‘IF’ adalah sebagai berikut:

  • =IF(tes logika; kondisi tertentu; [kondisi tidak terpenuhi]

Selain rumus excel di atas, ada beberapa rumus yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengolahan data. Seperti fungsi AND, fungsi OR, hingga fungsi NOT. Dengan mengetahui rumus lengkap di aplikasi microsoft excel, pekerjaan mengolah data bisa lebih akurat dan cepat. Terlebih lagi jika kamu bekerja di bidang akuntansi dan administrasi. Perhitungan yang tepat melalui contoh rumus excel lengkap di atas mampu meminimalkan risiko kekeliruan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here