Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Janin

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Janin

Setiap pasangan orang tua pasti menginginkan anak yang dilahirkan sehat dan cerdas. Namun ada beberapa faktor atau kondisi dalam kehamilan yang mempengaruhi kecerdasan anak.

1. Pendarahan selama kehamilan

Pendarahan selama kehamilan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya plasenta previa (letak plasenta di bawah), kecapekan, atau stress.

Jika terjadi selama trimester pertama kehamilan, maka sangat beresiko terhadap perkembangan otak dan kecerdasan bayi. Segeralah berkonsultasi ke dokter.

Bed rest dan memperbanyak konsumsi asam folat dan DHA adalah dua hal yang dapat dilakukan ibu jika terjadi pendarahan, karena ada korelasi antara jumlah konsumsi DHA dan kecerdasan bayi.

2. Morning sickness

Morning sickness yang parah akan membuat ibu kehilangan banyak zat penting yang berguna bagi kesehatan otak dan kecerdasan janin di dalam kandungan.

Morning sickness sendiri terjadi karena perubahan hormon yang dialami ibu selama trimester pertama.

Untuk mengatasi kekurangan zat gizi selama periode ini, biasanya dokter akan meresepkan multivitamin tambahan bagi ibu.

Konsumsi makanan dalam jumlah kecil tapi sering juga lebih disarankan daripada memakan makanan dalam jumlah besar sekaligus.

3. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil

Tidak dipungkiri bahwa kondisi emosi ibu selama kehamilan akan berpengaruh pada kecerdasan bayi.

Hormon stres yang dihasilkan tubuh ibu akan menyerang otak bayi dan membuat mereka memiliki kecerdasan emosi yang lebih rendah dari bayi yang tidak terpapar hormon stres.

4. Proses melahirkan

Bayi yang lahir dalam kondisi prematur akan mendapatkan resiko lebih tinggi terhadap masalah otak dan kecerdasan.

Demikian pula bayi yang mengalami kesulitan selama proses dilahirkan.

Tentu hal tersebut tidak bisa diprediksi oleh orang tua, maka disarankan untuk menjaga kondisi kehamilan sestabil mungkin untuk menghindari dua hal tersebut.

5. Makanan dan asupan gizi selama kehamilan

Beberapa zat gizi yang sangat berpengaruh terhadap kecerdasan otak bayi di antaranya adalah asam folat, asam lemak omega 3 dan 6, zat besi, dan DHA.

Asupan DHA dan perkembangan otak janin berkaitan erat, karenanya ibu hamil harus mengkonsumsi semua zat gizi di atas dalam jumlah cukup dan seimbang.