Definisi Resolusi Pada Smartphone

Coba anda dekatkan mata anda pada layar tv/smartphone maka anda akan meliat kotak-kotak keci.

garis dan kotak tersebut dinamakan pixel lalu apakaitannya dengan resolusi gambar?

kesimpulannya sederhana, semakin rapat jumlah pixel dalam layar maka resolusi gambar yang dihasilkan akan semakin bagus.

perlu diperhatikan jika konten gambar tidak sesuai maka layar akan memberikan perbandingan tertentu atau responsive dan menyesuaikan gambar secara automatis.

seperti pada posisi landscape tentu akan berbeda hasilnya ketika dalam kondisis layar potrait, ada banyak jenis perbandingan layar namun umumnya adalah 16:9 untuk wide screan dan 4:3 portait.

resolusi layar atau display mode dari televisi digital , monitor komputer atau layar perangkat smartphone adalah jumlah yang berbeda pixel pada setiap dimensi yang dapat ditampilkan.

Ini bisa menjadi istilah yang ambigu terutama karena resolusi yang ditampilkan dikendalikan oleh berbagai faktor dalam tampilan tabung sinar katoda (CRT), tampilan panel datar (termasuk layar kristal cair ) dan tampilan proyeksi menggunakan array elemen gambar tetap (piksel).

Biasanya dikutip sebagai lebar × tinggi , dengan satuan dalam piksel: misalnya, 1024 × 768 berarti lebarnya 1024 piksel dan tingginya 768 piksel. Contoh ini biasanya diucapkan sebagai “sepuluh dua puluh empat kali tujuh enam puluh delapan” atau “sepuluh dua puluh empat kali tujuh enam delapan”.

Salah satu penggunaan istilah resolusi tampilan berlaku untuk tampilan array piksel tetap seperti panel layar plasma (PDP), layar kristal cair (LCD), proyektor Digital Light Processing (DLP), layar OLED , dan teknologi serupa, dan secara sederhana jumlah fisik kolom dan baris piksel yang membuat tampilan (mis. 1920 × 1080 ). Konsekuensi dari memiliki tampilan grid tetap adalah, untuk input video multi-format, semua tampilan memerlukan “mesin penskalaan” (prosesor video digital yang menyertakan larik memori) untuk menyesuaikan format gambar yang masuk ke tampilan.

Untuk tampilan perangkat seperti ponsel, tablet, monitor, dan televisi, penggunaan istilah resolusi tampilan seperti yang didefinisikan di atas adalah keliru, meskipun umum.

Istilah resolusi tampilan biasanya digunakan untuk mengartikan dimensi piksel , jumlah piksel maksimum di setiap dimensi (misalnya 1920 × 1080 ), yang tidak menjelaskan apa pun tentang kerapatan piksel tampilan di mana gambar sebenarnya dibentuk: resolusi mengacu pada terhadap kepadatan piksel , jumlah piksel per satuan jarak atau luas, bukan totalnyajumlah piksel. Dalam pengukuran digital, resolusi layar akan diberikan dalam piksel per inci (PPI). Dalam pengukuran analog, jika tinggi layar 10 inci, maka resolusi horizontal diukur dengan lebar 10 inci persegi.

Untuk standar televisi, ini biasanya dinyatakan sebagai “resolusi garis horizontal, per tinggi gambar”.

misalnya, TV NTSC analog biasanya dapat menampilkan sekitar 340 baris resolusi horizontal “per tinggi gambar” dari sumber udara, yang setara dengan sekitar 440 baris total informasi gambar aktual dari tepi kiri ke tepi kanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here