Definisi CPU (Smartphone)

OS paling populer untuk perangkat seluler (smartphone dan tablet) adalah Apple iOS dan Google Android dan mereka adalah satu-satunya yang masih menunjukkan pertumbuhan. Di peringkat bawah ada OS BlackBerry RIM dan Microsoft Windows Mobile. Symbian menempati posisi kelima.

Sistem Operasi adalah komponen perangkat lunak infrastruktur dasar dari sistem komputerisasi.sebagai pengontrol semua operasi dasar komputer (atau perangkat elektronik lainnya seperti PDA, smartphone, dsb.).

Sistem Operasi memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menjalankan aplikasi ataupun software dari pihak ketiga (biasa disebut aplikasi untuk disingkat), untuk menambahkan fungsionalitas baru ke perangkat.

Di antara sistem operasi komputer yang paling populer adalah Microsoft Windows dan Apple MacOS, bersama dengan berbagai distribusi Linux.

Android & iOS mendominasi pangsa pasar

Symbian memegang posisi teratas selama bertahun-tahun tetapi pangsa pasarnya perlahan-lahan memudar sejak smartphone yang dioperasikan dengan sentuhan menjadi hal yang biasa dan Symbian gagal menghadirkan UI sentuh yang intuitif. Hampir sepuluh tahun yang lalu, Microsoft Windows Mobile juga merupakan pemain yang kuat, menawarkan pengalaman smartphone layar sentuh pertama dengan PocketPC yang didukung oleh OS mereka.

Ponsel Blackberry yang lebih baru menggunakan OS Android dengan tambahan fitur keamanan Blackberry.

Pada 8 Oktober 2017, Microsoft menyatakan bahwa meskipun mereka akan mendukung platform Windows Mobile, mereka akan menghentikan pengembangan fitur baru apa pun.

Saat ini perangkat seluler dengan OS yang tepat disebut smartphone dan pengguna memiliki banyak pilihan aplikasi, seperti game, aplikasi produktivitas, aplikasi komunikasi atau media sosial, peta digital, dll.

Platform sistem operasi standar memungkinkan untuk menyediakan antarmuka pengguna (dan pengalaman) yang konsisten di seluruh perangkat dari produsen perangkat keras yang berbeda. Namun, produsen ponsel pintar Android suka menyesuaikan pengalaman pengguna sehingga masing-masing menawarkan versi stok UI Android yang sedikit dimodifikasi.

Sementara pemain utama saat ini sudah jelas, selama bertahun-tahun kami telah melihat munculnya banyak proyek OS seluler termasuk namun tidak terbatas pada Palm webOS, Samsung Bada OS, Nokia Maemo OS, Nokia MeeGo OS, LiMo OS, Tizen, BlackBerry Playbook OS dan yang lebih baru, Jolla’s Sailfish OS dan Mozilla’s Firefox OS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here