SEO Artikel dan Prakteknya, SEO Itu Mudah

Kepotek sudah sangat banyak melakukan penelitian terkait SEO dan tibalah saat ini kami membagikan pengetahuan kami kepada andaseingga anda dapat mempraktekan SEO yang bagus dalam artikel blog anda. Tidak perlu bayar mahal, kami menyediakannya gratis

Jangan sampai blog anda tersesat mempraktekan SEO kami berikan ilmu dan solusinya dengan jelas dan singkat agar anda berasil mempraktekkan SEO dalam artikel blog. Terdapat 4 poin penting yang harus paham agar SEO berhasil.

  1. ON Page SEO
  2. Off Page
  3. Kreativitas dan usaha
  4. Teknis

Dari keempat SEO on page dan Off Page adalah yang paling penting sisanya adala kreatifitas dan sedikit usaha dari anda.

Sedangkan yang keempat kita akan kesampingkan terlebih dahulu karena ini akan membuat anda menyerah tanpa alasan yang jelas. karena sebenarnya semuanya akan muda jika anda memulai dari 3 fokus bahasan utama kita kali ini.

ON Page SEO

 

Cara praktek on-page di dalam blogsangat sederana yaitu, anda harus memberi tautan kepada artikel yang berhubungan dengan topik, misalnya saja artikel anda membahas tentang SEO maka anda tidak cukup hanya membuat 1 artikel mengenai SEO, singkatnya merupakan internal link.

Semakin banyak topik yang berhubungan dengan topik terkait maka semakin kuat SEO ON pagenya

Artikel boleh megunakan lebih dari satu judul/H1 jika artikel sangat komplex dan panjang

Bagian ke-2 adalah Sub judul atau H2, isi dalam sub judul H2 bertujuan untuk menjelaskan topik H1/ judul artikel anda.

Di tahap ini anda sudah selesai membuat artikel, namun karena sangat banyak pesaing dalam kata pencarian anda harus meningkatkan dan mengembangkan lagi bahasan maupun ulasan terhadap topik lain yang relevan

Agar maksud artikel menjadi lebih lengkap dan dapat dipahami secara detil anda membutuhkan H3, fungsinya menguatkan argumen dari judul dan subjudulnya

nilai tambah, tidak ada salanya memberikan gambar agar pembaca semakin memahami artikel. Sama halnya dengan seach enggine, rekomendasi diberikan jika artikel anda lengkap maka dengan mempresentasikannya dalam objek foto maupun audio visual akan menjadi nilai tambah.

Logika Pada Search Engine

Sub judul diatas merupakan H3 yang mana tujuanya sebagai argumen spesifik dari sub judul H2. Artinya, disini saya harus menjelaskan secara logis mengenai cara berfikir dari search engine ketika merekomendasikan artikel kepembacan, loh, sama aja dong seperti seb judul sebelumnya? ya, dapat dikatakan demikian. namun kali ini akan lebih detil lagi. karena kitan akan mengoptimalkan artikel agar mesin pencari memberi prioritas pada artikel anda/SEO.

“SEO = Jelaskan judul artikel dengan baik, buat semakin jelas lagi sampai pembaca bisa paham maka mesin akan paham

Perumpamaan,

Andi akan mencari informasi tentang tempe disearch engine, menurut kamu apa yang akan search enggin rekomendasikan? pastinya mesin pencari akan merekomendasikan tempe namun jika didalam artikel kamu menyediakan berbagai jenis tempe, gambar-gambar tempe dan menjelaskan dengan lengkap seputar topik yang juga relevan maka semakin besar bagi artikelmu untuk direkomendasikan oleh mesin pencari. catatatan: itu baru satu kata bagaimana jika lebih panjang? nih logikanya dicontoh kedua

2 Long tail, maksudnya kata kunci yang lebih spesifik kalau tadi hanya tempe maka kita kembangkan jadi tempe goreng tepung, nah kalau didalam artikel yang kamu buat juga berhubungan dengan tempe goreng tepung juga maka artikel kamu merupakan konten super lengkap dan mesin pencari akan sangat suka jenis artikel yang demikian.

Search enggin juga dapat diibaratkan seperti makealar informasi, antara kamu dia dan dirinya alias jembatan pengubung informasi, gimana maksudnya? saya akan uraikan, simak baik-baik cerita ini,

Contoh cerita:

Disini ada kamu sebgai artikel, mesin pencari selaku makelar/jembatan informasi dan pihak yang ketiga merupakan orang yangmencari informasi maka, pertamakali kamu harus memberitahu mesin pencari tentang artikelmu, jika diungkapkan dalam bentuk cerita maupun dialog maka akan seperti cerita dibawah ini.

Kamu: sin..sin ane ada artikelnih…

Mesin : Apaantuh?

Kamu: Ane bahas SEO

Mesin : wah bro udah banyak yang kasih tau ane soal SEO kayanya saya sudah tidak butuh lagi.

Kamu: Eit, entar dulu arikel ane ada banyakloh penjelasannya lengkap dan detil ada gambarnya yang baca pasti butuh dan suka.

Mesin : Coba lihat!! beberapa saat kemudian. ah sama aja bro.

Kamu: Oke, tunggu sebentar….

Mesin : Kreatif dan unik, dan semua kalangan pasti bisa paham yang kamu buat ini, jangan lupa ya dilengkapi deskripsi meta artikel agar calon pembaca langsung paham apa yang dibahas dalam beberapa kata saja tentang apa yang kamu bahas dalam artikel.

 

Terus, jangan lupa juga kasih judul alt keterangan di gambar serta kategori dan tagnya dikelompokin dengan benar, siapa tau mereka mau cari hal-hal yang berhubungan dengan materi pada artikel yang kamu buat dan saya akan merekomendasikan kepada pembaca yang cocok dengan kriteria artikel yang kamu buat,  satu lagi bro kalo masukin video dalam artikel harus nyambung ya, jangan ngelantur sama permalinknya juga dicek lagi biasanya orang sering lupa, tandain kata maupun kalimat pake bold jika itu penting.

Kamu : Video Emangnya penting sin?

Mesin: Kalau ada video makin bagus, kalau suatu ketika dia mau ulas lagi artikel kamu dan tidak sempat membaca ulang maka pembaca akan lebih puas, komplit dong klo udah kaya gitu, ane juga yakin buat rekomendasikan artikel kamu di top ranking pencarian.

Bayangin aja bro, jika artikel kamu dishare kepembaca lain artinya artikel yang kamu buat layak untuk direkomendasikan kepada pembaca lain,Istila populernya SEO Off Page, ane juga memantau itu, kalau banyak dishare dan pembaca lain suka maka ane juga semakin yakin kalau artikel yang kamu buat adalah artikel yang kompeten dan orang akan ramai berkunjung untuk melihat konten artikel blog kamu dan seterusnya, predikat website kamu akan mendapatkan citra yang bagus. Yuk kita bahas lebih dalam biar lebih paham.

Solusi Off Page SEO

Jika ane bilang backlink pasti langsung lemes, sebar sana sebar sini. yaudah ya, tapi harus. gimana caranya biar SEO off pagnya berhasil? Gampang

Buat channel youtube dengan Konten yang sama dan tambahkan kreatifitas kalian adar menarik juga layak dishare oleh orang lain. Alias konten kudu bermanfaat. Udah itu aja cukupkok.

Alasannya sederhana, dengan menggunakan video maka anda sudah mengintegrasikan artikel anda dengan visual juga suara bisa disimpulkan bahwa konten kalian sangat serius, dan berusaha menjelaskan dengan baik isi daari konten artikel yang telah dibuat sehingga mesin pencari akan mempercayai anda sepenuhnya.

Setelah informasi diterima oleh orang banyak maka kemungkinan besar orang lain akan melakukan share ataupun menarik minat blogerlain untuk membahas blog anda didalam blognya dan memberikan kredit berupa back link yang natural.

Pengaruh backlink dan cara kerjanya

Singkatnya, artikel maupun blog anda diakui oleh blog orang lain dan menempatkan situs anda didalam blog mereka, dalam hal ini berkaitan dengan kualitas backlink itu sendiri.

Dimana, beberapa diantaranya Instansi, wiki pedia, dan personal blog yang sudah terkenal dan diakui banyak orang sebagai sumber kredibel datau dipercaya.

Mendapat back link dari blog terkenal sama dengan mendapat pengakuan dari tokoh besar apalagi cocok dengan niche blog yang kembangkan.

Apa buktinya? Tidak ada yang dapat membuktikan hal ini, hanya perusahaan pembuat mesin itu sendiri yang mengetahuinya secara pasti ini merupakan salah satu jenis promosi karena pada umumnya mereka suda memiliki banyak pengunjung sehingga anda berpeluang mendapatkan kunjungan dari pengunjung blog tersebut.

Yang terakhir adalah usaha ditambah dengan bumbu kreatifitas, silahkan anda menambah wawasan anda diulsan blog menarik lainnya dari kepotek

Saran Bijak Dari Kepotek

Membuat konten akan menyita sumber daya waktu fikiran dan terkadang materi, oleh sebab itu ada baiknya meriset kata kunci artikel sebelum mengerjakannya, nih kriteria riset katakunci yang bisa jadi wejangan buat kamu

  • Jumlah orang yang menggunakan katakunci, Makin banyak makin bagus pastinya. Ujungnya pasti cuan biar kecil tapi rame, peluang orang bakal kunjungn halaman lain akan semakin besar juga toh, nah itu dia salah satu gunannya SEO on page.
  • Saingan, kalau rank 1nya dikuasain web berita semua mendingan enggak usah, cari yang lain aja.
  • Prediksi harga iklan yang akan tayang dengan kata kuncinya, semakin mahal semakin bagus, rejeki kaga bakal ketuker.
  • Kreative, setidaknya masukan unsur seni biar terlihat profesional dan menarik dan kagak malu-maluin di share keorang lain.
  • Mindset ROI, Berapa lama waktu yang anda luangkan untuk satu artikel dan berapa upah yang layak untuk anda tentu saja anya anda dan tuhan yang tahu, tapi pada prinsipnya, semakin cepat balik modal maka semakin baik. Maksudnya, jangan lupa promosi sama share  jangan cuma ngarepin mba google ye, kaga bae.

Kalo ingin Versi SEO Lebih dalam buat nyari inspirasi tambahan kepotek dah susun jawaban dari semua pertanyaan yang biasanya ditanya pemula, ujung-ujungnya konten=cuan ,ane juga setujusih..)

Kesimpulan

Jika kamu sudah memahami bahasan yang telah kepotek berikan maka 90% kamu sudah dapa mempraktekkan SEO. Tidak ada rahasia besar didalamya.

Baik anda seorang pemula maupun expert akan mempraktekkan hal yang serupa hanya saja menggunakan sumber daya yang lebih besar, namun bukan berarti semakin banyak kosmetik akan semakin cantik, natural adalah kecantikan sesungguhnya.

Jika anda berkenan menambah wawasan seputar topik SEO silahkan berkunjung pada artikel kami yang lainnya, kami menyediakan berbagai tips dan juga trick yang mungkin dapat anda terapkan untuk menambah ide dan motivasi yang bermanfaat.

Kepotek Menjawab Tuntas SEO

 

 

Leave a Reply

id Bahasa Indonesia
X