SEO

Apa itu SEO? Tidak jarang dari blogger mengartikan SEO hanya sebatas kata kunci pada artikel saja dan kata kunci apa yang dicari oleh pengunjung. Pemahaman tersebut tidaklah salah.

Akan tetapi anda tidak bisa hanya fokus dan bergantung kepada kata kunci didalam artikel saja, mengapa demikian? Karena SEO kompleks.

Conto artikel SEO halaman 1

Gambar artikel page one katakunci  “Prinsip Bloger Sukses”

Conto artikel SEO alaman pertama/Page One
Kata kunci Panjang membentuk sebuah struktur halaman dan disertai gambar dan menjadi rekomendasi dari mesin pencari

1Pengertian SEO “Artikel”

Mengartikan SEO dalam artikel sangat mudah huruf (S) adalah Search, (E) yaitu Engine alias mesin pencari, (O) Optimization atau intens akrab dan intim.

Jika kita analogikan dalam hubungan antar manusia, kemampuan berkomunikasi dengan baik dan benar agar bisa saling memahami dan mencapai kesimpulan yang sama.

Namun kali ini kamu tidak berkomunikasi dengan manusia melainkan dengan mesin yaitu mesin pencari.

Kalau begitu susah dong? Tentu saja tidak, kemampuan mesin pencari saat ini sangat cangih.

Bahkan mesin pencari bisa memperkirakan apa keinginan kamu dengan tepat, contohnya seperti Google Assistance.

Kamu bisa bertanya kepada mesin kemudian mesin akan memberikan berbagai saran yang sesuai ataupun mendekati maksud dari pertanyaan Anda.

Apa yang bisa dipahami mesin pencari? Contoh hal yang paling mudah dipahami adalah Definisi atau pengertian.

Maksudnya? Mari kita logikakan.

2Logika Mesin Penelusur

Misalnya kamu bertanya kepada mesin pencari, dimana saya tinggal? Maka mesin pencari akan menjawab tidak tahu, menebak, dan kepo, alias balik tanya memangnya kamu tinggal dimana?

Maka kamu harus bisa memberikan definisi yang bisa langsung dipahami oleh mesin pencari agar langsung dipahami tanpa harus kebingungan.

Pertanyaan apa yang bikin mesin kebingungan?

Misalnya arti kata “Sumbang” kita akan definisikan sumbang kedalam arti yang berbeda.

Suara sumbang= suara jelek, sumbang uang= memberikan uang secara cuma-cuma

Sudah sangat jauh artinya dan sangat sulit membedakannya tanpa keterangan yang spesifik.

Lalu saya harus mengindari kata-kata yang membuat kebingungan mesin pencari? Ya tentu saja. Mengapa dan apa contohnya? Simak pembahasannya dibawah ini.

3Pembuktian SEO

Cobalah masukan kata pencarian dengan kalimat seperti “Artis” yang bernama Micael”

Maka mesin pencari akan menebak apa yang anda maksudkan dengan memberi banyak kategori sebagai alternatif jawaban dari kata “artis” dan “Micael”.

Sedangkan yang anda maksud adalah Artis yang bernama Micael Jackson.

Maka salah satu contoh, kamu harus menuliskan dengan lengkap (lebih spesifik) keterangan yang lengkap.

Artis = Profesi dan Micael Jackson (nama lengkap) apa harus selengkap itu? Tentu saja akan lebih baik, karena anak tetanga saya juga bernama Micael Jackson dan dia bukan artis. hehe..

Apa ada cara lain?

Ada, kamu bisa mendeskripsikan maksud kamu agar bisa menjadi definisi, namun kamu harus melakukan pengujian terlebih dahulu apakah arti dari yang kamu maksud bisa dipahami oleh mesin pencari secara otentik.

Misalkan kita akan mengunakan frasa pada kata “Bakso” maka kitabisa mengunakan deskripsi/komposisi yang sesuai dengan objek yaitu bakso.

Contoh:

Makanan” yang dibuat dari “campuran daging sapi giling” dan “tepung tapioka” mesin pencari akan mengerti yang dimaksudkan adalah bakso.

Dalam pembaasan selanjutnya kita akan membahas cara untuk bisa mengasilkan uang dari internet.

4Tanya Jawab trick Mencari Uang (Blogger)

Pada artikel tanya jawab saya akan menerangkan berbagai trick dan strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghasilan dalam usaha internet dari bloging dan konten

5Strategi Pemasaran Artikel (Supaya kembali Modal)

Strategi pemasaran yang terencana,matang dan tepat akan membawa usaha blogmu maju pesat.

Maka saya memberanikan diri menyampaikan opini dan tips untuk bisa balik modal setiap kali memposting artikel konten blog.

6Jenis artikel yang harus SEO dan alasannya

Jangan sia-siakan waktu kamu dan uang kamu untuk artikel yang tidak akan berguna dimasa depan dan hanya akan menjadi sampah dumay.

kesalahan tersebut dikarenakan konten yang sia-sia dan langsung hilang sangat cepat.  Sehingga membuat bloger meningggalkan blog mereka karena terlalu lelah.

7Cara mendapatka Ide & Inspirasi membuat artikel

Saat kamu tidak memiliki inspirasi dan ide penulisan artikel kamu bisa mengikuti tren,kebutuhan dan tools pembantu dan sebagainya.

Anda akan lebih terinspirasi dan langsung mendapatkan ide cemerlang serta dapat mengembangkan kreatifitas anda dalam menentukan topik baru yang bermanfaat.

8Apa saja kesalahan Bloger? Mengapa Bloger Harus Menghindarinya?

banyak sekali kesalahan bloger yang tidak menyadari kesalahannya baik sengaja maupun tidak sengaja dilakukan, kamu tidak boleh melanggr aturan-aturan tersebut karena akan berdampak buruk pada mesin pencari dan menyebabkan kerugian besar nantinya.

9Panduan lengkap Blogger, step by step dari pemula sampai mahir dan mengasilkan Uang

Anda bisa mengikuti tutorial cara menjadi bloger yang sukses dan bisa mengasilkan uang, anda hanya perlu membaca dengan cermat kemudian menerapkannya,

Artikel akan memandu anda, tahap demi tahap dengan cara yang mudah dipahami dan sesuai logika manusia dan mesin pencari.

Mungkin akan sedikit membosankan ketika membaca. Akan teteapi kamu harus menyimak secara utuh agar ilmu dan informasi yang disampaikan tidak terpotong-potong.

Sediakan waktu khusus untuk membaca artikel panduan ngeblog, disarankan siapkan cemilan dan kopi biar lebih fokus dan santai.

10SEO Interaktif: Tanya jawab

Jawab : Search Engine Optimization, biar gampang dicari di internet

Tanya : Terus Apa Tujuannya?

Jawab : Ya, kalau gampang dicari diinternet, berarti bisa ditemukan sama orang yang butuh informasi, untungnya dagangan bisa semakin laris tanpa buat brosure or nawarin pintu kepintu, kan gak cape promosi, pastinya lebih hematkan?

Tanya : Terus manfaatnya apa buat bloger, kan bloger gak semua dagang ?

Jawab : ya memang, tapi coba ente bayangin begini sob, misalnya ente guru les, terus ente punya murid 100, setiap hari yang dateng kerumah buat les, pasti ada aja tuh yang dagang disekitar ruma ente, Entah tukang cilok, tukang siomay, tukang jepitan, tukang ojek, orang tua yang jemput alias udah rame tambah rame dah tuh disekitar rumah.

Nah kalau seandainya rumah ente diibaratkan website, tuh tukang cilok, somay, kang jepit rambut kan bisa ente tarikin sewa kalo mau mangkal diwebsite ente.

Apan mereka juga untung dagangannya laku kalo murid ente makin banyak, apa lagi murid ente doyan jajan. Nah dah paham deh.

11SEO = Kecepatan

Kecepatan dari mesin pencari untuk bisa mengakses website dan artikelmu, mesin pencari akan merekomendasikan website yang lebih cepat diakses ketimbang yang lemot.

Artinya, penilaian mesin pencari sudah dilakukan semenjak artikel dipost dan di crowling oleh bank data dari mesin pencari itu sendiri.

Apakah kecepatan web akan mempengaruhi jumlah visitor?

Tentu saja, pertanyaan tersebut bisa dijelaskan dengan logika yang sederana:

Bayangkan jika google search memberikan rekomendasi web yang lemot kepada pelanggan?

Pasti mengganggu kenyamanan penguna google search dan menjadi kerugian bagi perusahaan google.

kengapa bisa demikian?

Besar kemungkinannya pelangan akan mencari search engine yang lebi ramah dan memberi referensi rujukan web yang dapat diakses lebih cepat.

Maka kamu perlu mengoptimasi kecepatan akses web supaya menjadi rekomendasi mesin pencari dan tentunya pengunjung blog akan lebih betah.

Buat cek kecepatan blogbisa pakai tools yang sudah disediakan Google.

Untuk blog yang sudah cepat saya ucapkan selamat dan pertaankan predikat tersebut.

Bagaimana gengan blog yang speed scorenya rendah? Tentu harus mengambil tindakan.

Berikut adalah rujukan untuk mengatasinya:

  • Meminta saran dan pertolongan ahli, buat bloger yang ingin cepat menyelesaikan masalah bisa mengunakakan jasa ahli, dan carilah layanyan yang bisa dipercaya.
  • Mengurangi ukuran file gambar didalam artikel
  • Mempermudah robot google & console untuk mengindex, crawling isi web

Tips tambaan :

Tidak mengunakan terlalu banyak symbol yang penempatannya tidak semestinya, alias kebanyakan gaya  yang justru akan memakan waktu bagi mesin pencari untuk memahami isi artikel. Tidak to the poin dan berbelit-belit nahan sembelit.

Tunggu dulu, sebaiknya  saya jelaskan terlebih dahulu pengertian SEO yang kaitannya dengan artikel biar tidak terlalu bingung, ok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here