Chipset untuk Chromebook Premium: Kompanio 1380

MediaTek umumkan Kompanio 1380 untuk chromebook premium SoC 6nm memberikan performa tangguh dan masa pakai baterai ekstra lama untuk Chromebook yang amat ringan.

MediaTek mengumumkan chip Kompanio™ 1380 baru yang menawarkan performa level baru dan fitur terbaik di kelasnya untuk Chromebook premium, seperti Acer Chromebook Spin 513 terbaru. Kompanio 1380 menghadirkan pengalaman komputasi portabel yang luar biasa dengan masa pakai baterai yang luar biasa, semuanya dalam bentuk ringkas untuk perangkat yang ramping dan ringan.

“Kompanio 1380 melanjutkan peninggalan MediaTek sebagai produsen chip untuk Arm-based Chromebooks, meningkatkan pengalaman Chromebook premium dengan kinerja level berikutnya dan masa pakai baterai ekstra lama,” kata PC Tseng, General Manager of Intellegient Multimedia Business Unit di MediaTek.

“Inilah chip yang menonjol dengan kinerja pemrosesan yang luar biasa, fitur multimedia dan AI terbaik di kelasnya, dan kemampuan cloud gaming yang mulus; semuanya terintegrasi dalam chip 6nm yang sangat efisien.”

Fitur Kompanio 1380

Fitur Chromebook Kompanio 1380

“Pengguna Chromebook telah berharap lebih banyak dari Chromebook mereka. Mereka semakin mencari perangkat untuk mencapai keseimbangan sempurna antara kinerja, bobot, dan efisiensi daya,” kata John Solomon, VP Chrome OS di Google.

“Kompanio 1380 merupakan bagian integral dari memberikan pengalaman luar biasa untuk pengguna apakah mereka bekerja dari rumah, menikmati media saat bepergian, atau apa pun. Kami senang melihat keserbagunaannya terlihat nyata di Acer Chromebook Spin 513, produk pertama yang dirilis dengan chip ini.”

Fitur-fitur utama Kompanio 1380, meliputi:

  • Tersedia asisten suara.
  • MediaTek APU 3.0.
  • Pemrosesan handal.
  • Dukungan tampilan 4K 60 HDR.
  • AV1 hardware decoding.
  • Konektivitas sangat cepat.

Tersedia Asisten Suara

Kompanio 1380 hadir dengan penerimaan bunyi digital signal processor (DSP) yang memberikan kemampuan khusus voice on wakeup (VoW) berdaya sangat rendah untuk berbagai layanan asisten suara.


Baca Juga:
» Pertama di Dunia TV Digital 8K System-on-Chip 7nm

» Smart TV Pentonic Baru dengan Pentonic 2000 TV 8K 120Hz


MediaTek APU 3.0

Prosesor multi-core AI kuat yang mempercepat aplikasi AI-camera dan AI-voice sekaligus mengoptimalkan masa pakai baterai.

Pemrosesan Handal

Kompanio 1380 dilengkapi CPU octa-core dengan empat core core Arm Cortex-A78 berperforma tinggi dengan kecepatan 3GHz untuk meningkatkan responsivitas.

Untuk para gamer, GPU Arm Mali-G57 lima inti mendukung visual yang jelas dan cepat, sedangkan 2133MHz LPDDR4X quad-channel memastikan ada banyak bandwidth data.

Dukungan Tampilan 4K 60 HDR

Chip ini mendukung hingga dua layar 4K 60Hz, atau satu layar 4K 60Hz ditambah dua layar 4K 30Hz, sehingga memberikan berbagai opsi resolusi, kinerja, dan konektivitas eksternal kepada pembuat perangkat untuk memenuhi impian desain produk apapun.

AV1 Hardware Decoding

Fitur decoding mutakhir dari chip ini memberikan streaming film dan acara TV 4K dengan setelan kualitas terbaik untuk konsumen, sembari menikmati masa pakai baterai yang lebih lama.

Konektivitas Sangat Cepat

Chipset ini siap untuk konektivitas Wi-Fi 6/6E dan Bluetooth 5, yang memungkinkan transfer data nirkabel (wireless) tercepat.


Berita Terkait:

» Pertama: Micron & MediaTek Validasi DRAM LPDDR5X

Advertisement

» Seri Chip Dimensity 8000 5G untuk Smartphone 5G Premium


Share artikel ini, jika menurut Kamu bermanfaat bagi orang lain. Silahkan Like Fanspage dan Follow Instagram kami.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama. Terimakasih, selamat mencoba. Salam!

Leave a Reply

en English