Cara Tingkatkan Kinerja Smartphone

Cara tingkatkan performa smartphone perlu kamu ketahui agar ponsel tidak terasa lelet. Banyak diantara anda yang hampir memiliki smartphone dengan platform Android.

Hal ini dikarenakan perangkat satu ini tersedia dengan berbagai macam harga, dari yang memiliki harga terjangkau hingga yang memiliki harga selangit.

Namun, terkadang untuk pemakaian kegiatan sehari-hari akan membuat kinerjanya semakin menurun.

Untuk itu kali ini akan diulas tentang bagaimana cara meningkatkan performa smartphone yang harus anda tahu. Berikut simak ulasannya.

Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone

1. Memeriksa Memori Yang Tersedia

Hal pertama cara tingkatkan performa smartphone adalah dengan memeriksa memori yang tersedia.

Banyaknya aplikasi yang diunduh biasanya merupakan alasan utama kinerja smartphone android anda melambat.

Batas minimal untuk kinerja android yang tanpa hambatan biasanya adalah sekitar 20 persen.

Untuk itu, bila smartpphone anda memiliki kapasitas penyimpanan 8 GB, maka dari itu haruslah tersedia sekitar 1 GB memori yang tidak terpakai.

Hal ini dikarenakan agar proses meningkatkan kinerja smartphone anda bisa menjadi lebih lancar dan dapat memberikan ruang yang banyak bagi smartphone.

Hal tersebut tentunya akan menjadi sebuah cara untuk tingkatkan performa smartphone yang wajib untuk anda ketahui.

Tentunya dengan mengetahui kinerja smartphone tersebut akan membuat anda lebih bisa mengatur memori penyimpanan pada smartphone.

Baca juga tips smartphone lainnya seperti:

2. Meningkatkan Kinerja Smartphone Melalui Update

Selain itu, salah satu hal yang bisa menyebabkan smartphone anda menjadi lambat adalah kurangnya optimalisasi pada sitem operasi.

Dengan anda memperbarui atau mengupdate sistem operasi pada smartphone anda, tentu saja nantinya kinerja smartphone akan lebih optimal.

Untuk itu terdapat beberapa smartphone yang akan memperbarui sistemnya secara otomatis, akan tetapi anda pun dapat memperbarui sistemnya dengan cara manual juga.

3. Menggunakan Custom ROM

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk tingkatkan performa smartphone adalah dengan menggunakan custom ROM. Dengan menggunakan cara ini, bisa anda lakukan jika sistem operasi bawaan smartphone tidak terlalu memberatkan sistem.

Dengan begitu anda dapat menggunakan cara ini untuk menggantikan sistem operasi bawaan dari smartphone anda.

Akan tetapi apabila anda ingin menggunakan cara ini, maka haruslah melakukan instalasi terlebih dahulu.

Cara melakukan instalasi tersebut, anda tentunya harus memahami terlebih dahulu beberapa aspek yang bisa anda lakukan seperti tentang bagaimana cara root atau superuser bekerja.

Pemilihan custom ROM yang sesuai dengan smartphone anda serta bagaimana cara untuk instalasi custom recovery ataupun tentang bagaimana cara melakukan flashing.

Akan tetapi jika anda masih belum memahami bagaimana kinerja smartphone tersebut, maka disarankan untuk tidak menggunakan cara tersebut.

4. Mematikan Atau Mengurangi Fitur Sinkronisasi Otomatis

Anda pun juga cara lain tingkatkan performa smartphone yaitu dengan mematikan ataupun mengurangi fitur sinkronisasi otomatis.

Sinkronisasi atau sync merupakan cara untuk menarik data baru dan menyajikannya pada pengguna.

Dalam hal sinkronisasi ini, pastinya anda akan menggunakan internet dan juga dapat menguras baterai anda.

Hal inilah yang dapat menjadi penyebab utama smartphone anda menjadi lemot. Untuk itu, anda pun bisa dengan mematikan sync agar ponsel anda tidak lelet.

Selain itu, anda juga bisa dengan menghapus widget yang berlebihan. Hal itu dikarenakan beberapa pengguna cenderung akan menggunakan widget.

Akan tetapi jika terdapat lebih dari tiga widget yang terpasang pada homescreen smartphone anda, maka hal tersebut akan justru dapat mempengaruhi kinerja smartphone anda.

Dengan begitu kamu dapat meningkatkan kinerja smartphone dengan lebih baik dan efisien sesuai kebutuhan.

Wajib Baca:
Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kinerja smartphone anda agar kembali optimal dan tidak lemot.

Like, Komen, dan Share artikel ini agar bermanfaat untuk orang lain.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama.

Kamu sangat paham bagaimana cara membantunya. Terima kasih