Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Cara Mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus tidaklah sulit dan sudah semakin mudah di era milenial ini, dimana informasi seputar tips teknologi sudah semakin banyak dan canggih.

Smartphone, gadget, komputer, PC, dan sejenisnya bukan lagi barang yang dianggap sebagai sesuatu sangat sulit untuk di miliki

Tapi jangan lupa share dan baca artikel yang berhubungan tentang cara mengembalikan aplikasi bawaan, maupun berita yang saling terkait lainnya disini.

Berikut pembahasan lengkap cara mengembalikan aplikasi di smartphone.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Solusi terbaik bila aplikasi bawaan yang terhapus tentunya dengan mengembalikan aplikasi bawaan tersebut, namun masalah terkadang muncul pada instalasi dari aplikasi bawaan.

Selain itu akan kita ulas pada artikel dibawah ini.

Bagaimana cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus? Caranya adalah dengan melakukan inject atau memasukan lagi aplikasi bawaan yang terhapus ke dalam sistem, aplikasi tersebut ada bawaan dari perangkat dan ada juga yang bisa di download. Setelah itu jangan lupa untuk merubah permissions-nya.

Bila ingin melihat dalam bentuk video totorial cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di video berikut:

Video diatas merupakan cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di android, masalah diatas merupakan hal yang biasa dialami pengguna gadget pada umumnya.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Terhapus

Xiaomi menyajikan beberapa fitur yang diklaim jauh lebih cepat dan simple digunakan seperti fitur search, maps-nya, hingga browser-browsernya.

Namun banyak faktor penyebab aplikasi bawaan xiaomi bisa terhapus atau hilang, baik yang tidak di sengaja terhapus ataupun yang tidak tersadari apa peyebabnya.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Terhapus

Cara mengembalikan aplikasi bawaan xiaomi yang terhapus bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan aplikasi apk mirror, di web tersebut terdapat banyak versi aplikasi, dari yang terbaru sampai dengan versi terlama.

Kamu cukup download dan install APK, caranya sebagai berikut:

  • Masuk situs apkmirror.com
  • Klik kolom Search (pencarian), lalu ketik MIUI.
  • Muncul beberapa aplikasi bawaan yang bisa di unduh.
  • Lalu pilih aplikasi yang hilang di hp xiaomi kamu yang ingin di install.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Iphone yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Iphone yang Terhapus

Sistem operasi yang satu ini merupakan sistem operasi yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan yang lainnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna gadget.

Apabila tidak disengaja menghilangkan aplikasi bawaan iPhone maupun iPad, kamu dapat memulihkan kembali aplikasi sistem maupun bawaan yang telah terhapus melalui fitur yang ada di App Store, caranya sangat mudah dengan cara mengikuti tutorial dibawah.

Berikut cara mengembalikan aplikasi bawaan iphone yang terhapus dengan app store:

  1. Buka app store di perangkat iphone kalian masing-masing.
  2. Cari aplikasi yang terhapus untuk di install kembali.
  3. Tekan icon awan/cloud untuk pemulihan aplikasi yang hilang.
  4. Selanjutnya tunggu hingga proses pemulihan selesai.
  5. Setelah selesai, silakan buka aplikasi tersebut, Done.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Hp

Perlunya mengetahui cara mengembalikan aplikasi terhapus di Hp sangatlah penting, banyak masalah yang muncul seiring berjalannya waktu.

Seperti misalnya keamanan yang cukup rentan karena banyak hp di pasaran menggunakan sistem operasi open source atau sumber terbuka.

Tapi ada cara mudah untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di HP, berikut cara mengembalikan aplikasi terhapus di berbagai merk smartphone seperti Oppo, Vivo, xiaomi, dan brand lainnya yang menggunakan os android.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di Hp Oppo

Kurang lebih Oppo sama dengan smartphone lainnya, memiliki banyak pilihan aplikasi di dalamnya.

Namun tetap saja, pastinya setiap merk smartphone tidak luput dari masalah aplikasi bawaan karena hilang.

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di Hp Oppo ada 2 cara, pertama adalah dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik atau reset perangkat (reset factory) dan yang kedua yaitu mengembalikan aplikasi melalui Google play store.

Cara pertama mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di Hp Oppo dengan Reset Factory:

  1. Masuk menu pengaturan
  2. Selanjutnya piih reset factory (Reset Data Pabrik)
  3. Muncul pemberitahuan hapus semua lalu pilih.
  4. Akan ada keterangan seperti MENGHAPUS hingga perangkat anda akan di restart dan menginstall kembali
  5. Tinggal tunggu sampai selesai, done.

Sedangkan cara kedua mengembalikan aplikasi terhapus di hp Oppo yaitu melalui Google play store berikut caranya:

  • Pertama yang dilakukan adalah buka aplikasi google playstore di smartphone Oppo
  • Selanjutnya tekan icon gambar garis 3 di pojok kiri atas layar hp
  • Pilih “Aplikasi dan Games saya” (My Apps & Games)
  • Klik tab Koleksi/Library yang terdapat berbagai jenis aplikasi yang terinstal maupun terhapus di smartphone oppo kamu.
  • Langkah selanjutnya cari dan pilih aplikasi yang terhapus dan pasang kembali dengan tekan opsi install.
  • Tunggu aplikasi terpasang dengan sempurna, lalu Selesai.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di Hp Vivo

Walaupun sedang happening dan banyak digandrungi oleh pengguna gadget bukan berarti Hp Vivo ini jauh dari yang namanya masalah.

Untuk mengetahui apa penyebab aplikasi bawaan yang terhapus di hp vivo dapat di simpulkan ada 3 kategori menjadikan hal tersebut terjadi adalah hilang karena temporary file, terhapus disebabkan crash bersamaan dengan aplikasi lain, dan banyak faktor lagi.

Ada 2 metode cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di hp vivo yaitu pertama dengan playstore dan tanpa menggunakan google play store.

Cara mengembalikan aplikasi terhapus di hp vivo tanpa play store adalah dengan masuk ke file manager, lalu ke kolom pencarian dan tulis nama aplikasi yang terhapus, setelah di temukan silakan install kembali aplikasi tersebut.

Sebagai catatan, metode tersebut hanya bisa dilakukan bila sebelumnya aplikasi yang terhapus sudah pernah terdownload tanpa melalui playstore.

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di hp vivo dengan menggunakan play store hanya dapat dipakai bila sebelumnya kamu menginstall app yang terhapus melalui playstore juga dengan cara cari aplikasi yang ingin di pasang kembali, lalu instal.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang

Terkadang juga ada aplikasi bawaan yang tiba-tiba hilang dan kita kesulitan mencarinya, padahal aplikasi tersebut sangat penting.

Ada beberapa faktor penyebab aplikasi hilang diantaranya yaitu hilang karena cache, aplikasi crash, sistem operasi bug, dll.

Bila aplikasi yang hilang bukan bawaan perangkat, bisa di unduh di google playstore terutama untuk pengguna sistem operasi Android.

Sedangkan sabagai pilihan terakhir adalah dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik atau biasa disebut reset factory.

Namun pilihan reset factory memiliki dampak kurang nyaman, yaitu kemungkinan besar data dan aplikasi tertentu akan hilang. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan back up data sebelum melakukan reset perangkat.

Aplikasi Hilang Karena Cache

Cache merupakan file yang terus bertambah ketika kita membuka sebuah aplikasi pada android.

Tumpukan cache ini menyebabkan banyaknya memori yang terpakai. Selain itu cache juga bisa menyembunyikan aplikasi bawaan pada android, jadi berhati-hatilah.

Nah, banyaknya cache bisa diketahui dari seberapa sering dan banyaknya kita membuka sebuah aplikasi dalam sehari, akibatnya aplikasi bawaan bisa menjadi hilang.

Oleh karena itu, cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang bisa dilakukan adalah dengan cara menghapus cache tersebut.

Hilang Karena Crash dengan Aplikasi Lain

Sebelumnya perhatikan pada smartphone yang kamu gunakan karena terkadang terdapat aplikasi uduhan yang serupa atau sama dengan aplikasi bawaan yang menyebabkan crash.

Nah, APK ini berupa compress file seperti zip file. Jika aplikasi hilang karena APK hilang, berarti salah satu aplikasinya tertumpuk dengan yang sudah ada.

Oleh karena itu, cara mengembalikan aplikasi bawaan tersebut bisa dengan menghapus aplikasi unduhan.

Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang

Saat ini sistem operasi atau OS yang ada sangatlah beragam dan tentunya memiliki nilai keunggulan masing-masing. Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah memiliki ponsel pintar android dalam genggamannya.

Dari sekian banyaknya OS yang bermunculan, saat ini sedang di gandrungi pengguna gadget ialah Android.

Cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang adalah dengan mengecek terlebih dahulu apakah crashnya menyebabkan aplikasi bawaan hilang atau tidak, jika iya hapuslah salah satunya. Bisa melakukan cara yang kedua dengan mengecek apakah crash tersebut menyebabkan salah satu android package (APK) pada sistem hilang atau tidak.

Bagi kalian yang menggunakan android caranya masuk ke menu Settings, lalu pilih Apps, kemudian geser dan pilih All, setelah itu pilih aplikasi bawaan mana yang hilang. Buka dan pilihlah Clear Data.

Simpulan

Nah, itulah bagaimana cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di android.

Semoga cara mengatasi aplikasi bawaan yang hilang diatas cukup efektif dan bisa kalian pahami. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Like, Komen, dan Share artikel ini agar bermanfaat untuk orang lain.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama.

Kamu sangat paham bagaimana cara membantunya. Terima kasih

Salam Kepotek. Kepoin Teknologi!

close