Cara memasang WA di Laptop

Cara install aplikasi di Laptop

Aplikasi Whatsapp atau WA sedemikian populer sehingga hampir setiap nomor hape terdaftar dan tersambung dengan aplikasi yang satu ini.

Jumlah penggunanya pun terus bertambah dari waktu ke waktu, bahkan tak hanya akun pribadi tapi juga akun bisnis juga  dan tak hanya bisa dipakai di hape saja namun bisa juga digunakan di PC (Personal Computer) atau laptop.

Cara memasang WA di laptop juga bisa dengan cepat dipelajari, sebagai berikut.

Cara memakai Whatsapp di laptop

Sangat mudah cara memakai wa di PC itu. Mungkin banyak juga yang masih belum tahu bagaimana cara menggunakan whatsapp di laptop.

Padahal cukup mudah caranya. Terdapat setidaknya tiga buah cara menggunakan aplikasi whatsapp di laptop, yakni bisa melalui aplikasi resmi WhatsApp untuk PC atau dengan menggunakan Web Browser atau dengan menggunakan aplikasi bluestack.

Berikut ini cara mengaktifkan wa di pc tersebut.

Cara Buka WhatsApp di PC dan Laptop melalui Web Browser

Berikut ini langkah dan caranya.

  • Kunjungi atau visit situs web.whatsapp.com dengan menggunakan komputer, bisa dengan PC atau laptop.
  • Lalu pindai kode QR, dari dalam WhatsApp ponsel dan input ke komputer pada saat diminta.

Cara untuk melakukannya, ialah dengan membuka WhatsApp di ponsel, sebagai berikut.

Ponsel Android

Bagi para pengguna ponsel berbasis android maka kunjungi atau menuju ke layar Chat.

  • Lalu pilih Menu.
  • Kemudian pilih menu WhatsApp Web.

Ponsel iPhone

Bagi para pengguna ponsel berbasis iOS maka kunjungi atau menuju ke menu Pengaturan

  1. Lalu pilih WhatsApp Web.
  2. Ponsel Windows.
  3. Bagi para pengguna ponsel windows maka kunjungi atau menuju ke Menu.
  4. Lalu pilih WhatsApp Web.

Sesudah itu, maka langkah berikutnya ialah dengan memindai kode QR yang ada pada layar komputer dari telepon.

Kemudian setelah berhasil terhubung maka lalu akan bisa digunakan sebagaimana biasanya.

Disamping itu selain bisa digunakan untuk melakukan chat biasa, maka juga bisa digunakan untuk mengganti foto profil, dan mengirim dokumen, serta menghapus chat, juga mengganti status dan lain sebagainya sama persis layaknya seperti ketika membukanya dari ponsel.

Keunggulan dari memilih menjalankan WhatsApp dari komputer seperti PC atau desktop dan juga laptop itu ialah agar tampilannya bisa lebih besar yakni dengan mengikuti layar pc dan juga pengetikan pada saat melakukan percakapan atau chat tentunya akan bisa menjadi lebih mudah karena hal itu dilakukan dengan menggunakan keyboard.

Namun disisi lain juga ada kekurangannya atau nilai minusnya yakni tidak bisa berdiri sendiri, yaitu artinya selama menjalankan akun WA dari komputer pc atau laptop, maka selama itu pula ponsel yang terinstall akun WhatsApp nya harus juga tetap  aktif dan terhubung ke internetnya.

Lalu kekurangan atau nilai minus lainnya ialah akun WA tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun untuk melakukan  panggilan video.

Cara Buka WhatsApp di PC dan Laptop dengan Aplikasi WhatsApp Mac atau PC Windows

Cara mengaktifkan whatsapp web juga tak kalah mudahnya. Bisa dengan cepat mempelajari bagaimana cara menggunakan whatsapp web itu. Berikut langkah dan caranya.

Sediakan dan siapkan dulu aplikasi WhatsApp Mac atau WhatsApp PC Windows, dengan meadowlandnya atau mengunduhnya di situs www.whatsapp.com/download/.

Unduh atau download aplikasi sesuai tipe atau jenis perangkat komputernya yakni menggunakan OS Mac atau OS Windows.

Lalu cara memakai whatsapp web diawali dengan menginstall atau memasang Aplikasi WhatsApp web nya dulu.

Kemudian Buka Aplikasi WhatsApp web hingga muncul kode QR.

Lalu Pindai kode QR yang ada pada layar komputer dari telepon.

Kemudian setelah berhasil terhubung maka akun WA akan sudah bisa dipergunakan atau dipakai sebagaimana biasanya.

Sedangkan cara untuk keluar dari WhatsApp desktop, setelah selesai menggunakan Aplikasi WhatsApp web di komputer, ialah dengan melakukan log out.

Hal ini penting agar akun wa tidak disalahgunakan oleh pengguna komputer yang lain apalagi jika pada saat membukanya dengan menggunakan PC di rental komputer

Cara Log Out dari aplikasi Whatsapp Web

Berikut ini adalah caranya:

  • Buka WhatsApp pada telepon.
  • Lalu kunjungi atau menuju ke menu Setelan atau pilihan Menu.
  • Ketuk pada WhatsApp Web.
  • Kemudian Ketuk pilihan Keluar dari semua komputer.

Guna memutus akses ke WhatsApp Web atau Desktop, maka gunakan instruksi tersebut di atas supaya bisa keluar dari seluruh sesi web aktif di WhatsApp pada semua hape.

Cara Log Out dari aplikasi Whatsapp Web

Cara buka WhatsApp di komputer atau laptop dengan menggunakan aplikasi Bluestacks

Cara ketiga atau cara terakhir ini ialah dengan menggunakan aplikasi bluestacks. Aplikasi bluestack ialah suatu emulator Android yang memungkinkan pengguna PC untuk menjalankan aplikasi Android pada komputer PC atau laptop yang menjalankan Windows ataupun Mac OS.

Aplikasi WhatsApp bisa di download di aplikasi Bluestacks dari App Store, persis seperti yang terjadi di ponsel.

Pada aplikasi Bluestacks itu memungkinkan dan memberikan pengalaman selayaknya seperti menggunakan mobile seluler berbasis android. Baik pada saat menggunakan komputer, baik di PC ataupun laptop.

Perangkat lunak ini terutama sering kali digunakan untuk memainkan berbagai game Android yang biasanya dimainkan di layar ponsel android yang sempit jadi bisa dimainkan di layar komputer seperti PC atau laptop yang lebih lebar.

Hal ini berbeda dengan WhatsApp Web, jika menggunakan aplikasi bluestack maka tidak perlu untuk memindai kode QR apapun dulu dalam metode ini. Pada saat membuka WhatsApp di Bluestacks, maka akan diminta untuk memasukkan nomor telepon saja.

Kemudian WhatsApp akan mengirimkan OTP guna memverifikasi identitas nomor hape.

Kalau membuka akun WA dengan menggunakan komputer PC atau laptop, maka tidak akan bisa dilakukan verifikasi WhatsApp dengan melalui SMS jadi gunakan saja pilihan verifikasi dengan menggunakan panggilan guna memperoleh atau mendapatkan OTP nya.

Kemudian masukkan atau input data tersebut dengan secara manual.

Kekurangan atau Nilai Minus membuka WA di Bluestacks

Terdapat kelemahan atau nilai minus jika membuka WA dengan menggunakan aplikasi bluestack itu  yakni antara lain sebagai berikut.

Hanya bisa digunakan di satu perangkat saja akun WA nya.

Jadi kalau ingin menggunakan WhatsApp di komputer  baik di PC atau di laptop dengan menggunakan Bluestacks, maka aku wa tidak akan dapat dibuka dan digunakan dengan secara bersamaan di ponsel.

Hal Ini disebabkan karena WhatsApp tidak dapat mengakses kartu SIM nya. Jadi lalu akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon secara berkali-kali.

Selain itu nilai minus lainnya ialah karena Ukuran file Bluestacks yang sangat besar  sehingga akan memakan banyak memori. Sehingga cara terakhir ini kurang disarankan

Akhir Kata

Cukup mudah cara menggunakan WA atau membuka akun WA di komputer seperti PC atau desktop maupun laptop. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan dan kondisinya.

Salam Kepoin Teknologi!

close