Cara Hemat Listrik Yang Harus Anda Ketahui dan Pahami Agar Tidak Boros

Pada artikel ini saya akan memberikan cara hemat listrik dengan lengkap sampai anda bisa memahamai apasaja yang misa anda lakukan untuk menghemat biaya listrik.

Di bawah ini adalah cara/solusi untuk menghemat listrik yang harus anda ketahui dan pahami agar tagihan / biaya listrik anda berkurang.

Terapkan Gaya Hidup Hemat Listrik Dan Prihatin

Anda bisa melakukan perawatan listrik dengan lebih peduli terhadap manajemen penggunaan peralatan elektronik dan alat-alat yang mengkonsumsi listrik.

Maka anda harus memiliki kesadaran dan bijaksana dalam menggunakan dan mengontrol peralatan elektronik yang juga dapat digunakan dengan apa pun yang dapat menyebabkan listrik boros.

Dengan demikian anda dapat mengeluarkan uang dengan cara listrik.

Kenali Kebiasaan Hemat Listrik dan Boros Listrik

Agar dapat tanggap listrik Anda harus tanggap dari kebiasaan apa saja yang dapat membantu menghindari pemborosan listrik di samping Anda juga harus tau apa saja yang menyebabkan boros listrik.

14 Daftar Kebiasaan hemat listrik;

  1. Kebiasaan menutup pintu pada ruangan AC
  2. Jarang buka kulkas
  3. Matikan Peralatan Elektronik Setela dipakai
  4. Mengunakan water heater seperlunya saja
  5. Matikan lampu setelah digunakan
  6. Gunakan hair drayer dan catok rambut dengan bijak
  7. Gunakan kompor listrik maupun kompor induksi pada kondisi tertentu saja
  8. Matikan lampu disiang hari
  9. Gunakan Microwave hanya untuk kebutuhan khusus
  10. Gunakan oven sebagai alternatif saja
  11. Matikan Dispenser Panas Dingin
  12. Gunakan AC dengan proposional
  13. Menyeterika dengan suhu tempratur tidak terlalu tinggi
  14. Menggunakan fitur Hemat Energi
  15. Mengurangi muatan lemari ES

Baca juga:

14 Penyebab Listrik Boros Dan Kebiasaan Yang Menyebabkannya

Gunakan Elektronik Yang Hemat Listrik

Dizaman sekarang sudah banyak sekali elektronik, lampu dan alat listrik lainnya dengan kualifikasi hemat listrik, bahkan menggunakan teknologi smart energy dan berbagai mode pendukung lain yang juga bisa dimanfaatkan agar hemat listrik.

Manfaatkan Matahari Sebagai Penerangan Alternatif

Gagasan ini tentu tidak ada dan sudah banyak diterapkan, memberikan celah untuk cahaya matahari bisa mengurangi penggunaaan lampu disiang hari. Dengan begitu anda bisa mengefisiensi konsumsi listrik.

Antisipasi Voltase Tidak Stabil

Lampu sering redup dan alat elektronik sering rusak dan listrik meningkat juga disebabkan oleh voltase listrik yang tidak stabil, anda harus tahu kapan harus melihat ciri-ciri tersebut.

Apa yang anda harus lakukan ketika voltase listrik terlalu rendah? Mamatikan sebagian peralatan elektronik anda segera untuk mencegah pemborosan listrik dan antisipasi dengan menggunakan stabilizer agar peralatan elektronik anda lebih awet.

Perbaiki Instalasi Listrik Yang Salah

Jika anda sudah melakukan pemeliharaan yang ketat dan tagihan listrik masih tinggi maka ada yang baik jika anda meninjau instalasi instalasi.

pemasangan instalasi yang tidak prosesionalatau tidak sesuai setandar juga bisa menyebabkan boros listrik.

Baik standar kabel yang digunakan, sambungan yang terkait dan panel kontrol listrik.

Disarankan anda menggunakan tenaga ahli untuk instalasi listrik karena ini adalah hal yang penting dan untuk jangka panjang, baik untuk hemat listrik maupun alasan keamanan terhadap kebakaran akibat korslet.

Kontrol Biaya Listrik Sesuai Keinginan

Anda bisa menetapkan sendiri biaya listrik Anda dengan simulasi perhitungan konsekuen listrik.

Dengan demikian, anda dapat menerapkan penggunaan daya listrik dan melakukan penggunaan yang hemat listrik.

Cara Hitung Daya listrik

Misalnya, Anda memiliki 10 lampu dan kita anggap saja daya listriknya sama dengan 100W dengan perkiraan pemakaian selama 8 jam setiap harinya.

Maka kalikan 10 Lampu x 100W = 1000 watt

Nah, 1000 Watt = 1 KW / h (1 Kilowat per jam)

Sampai disini anda dapat melihat berapa jumlah kilo watt listrik yang anda butuhkan, 1 jamnya untuk menghidupkan lampu selama 8 jam, maka anda tinggal kalikan saja 1KW x 8 jam pemakaian = 8 KW setiap jam.

Lalu anda cari tau tarif PLN, berapa biaya dari 1KW setiap jamnya. Kita umpamakan saja tarif saat ini 1KW / h = RP. 1500. Maka anda tinggal mengalikan 8 KW x RP 1500 = Rp 12000.

Simulasi diatas anda akan mengeluarkan biaya listrik Rp 12.000 untuk pemakaian 10 lampu yang masing-masing lampu mengunakan daya listrik 100 watt selama 8 jam.

Setelah mengetahui cara mengitung daya listrik anda bisa dengan mudah menyusun anggaran yang hemat listrik.

Perlu diketahui bahwa PLN akan melakukan koreksi / tiga bulan maka Anda tidak perlu kawatir dan binggung apabila biaya listrik terkadang lebih tinggi dari bulan sebelumnya atau sebaliknya.

Namun jika dijumlah secara total selama 3 bulan maka hasilnya akan sama saja seperti simulasi cara hitung daya listrik diatas.

Pahami Cara Kerja Elektronik

 

Anda sangat disarankan untuk mengerti cara kerja peralatan elektronik dan peralatan listrik terutama yang tergolong sangat boros listrik karena hal ini sangat penting untuk menghemat listrik.

Mengapa demikian? Dengan memahami carakerja peralatan elektronik tersebut maka anda bisa menghemat lebih banyak listrik.

Contoh :

Umpamakan anda membeli AC 1/2 PK dengan dilengkapi banyak mode maupun fitur hemat listrik.

Tentu saja anda melakukan pembelian yang tepat apa bila sesuai standar dan ketentuan dan mengerti cara efisiensi konsumsi daya listrik AC.

Pertanyaanya:

  • Bagaimana jika Ruangan terlalu luas

yang akan terjadi pada contoh kasus diatas justru tidak mengemat listrik dan fitur canggih dan mode penghemat listrik AC tidak akan ada gunanya.

Karena carakerja AC sangat tergantung pada tempratur ruangan, selama sesuai dengan suhu yang diperintahkan maka mesin ac akan terus bekerja dan baru akan beristiraat apa bila suhu ruangan sudah mencapai.

  • Terlalu banyak sumber panas kalor dalam ruangan

Suhu ruangan akan lebih cepat naik dan mesin AC akan lebih sering bekerja untuk mempertahankan suhu ruangan.

Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah orang didalam ruangan dan sumber panas seperti elektronik yang dapat menaikan suhu ruangan.

  • Ruangan tidak terisolasi dengan baik dan banyak celah ventilasi.

Untuk yang ini saya kira anda sudah punya jawaban sendiri, namun jika masih ingin tau anda bisa baca tips dan trik AC agar hemat listrik.

Hindari Peralatan Alat Elektronik Yang Boros Listrik

Seringkali kita mencari pembenaran dalam situasi ini dan keras kepala, pada zaman modern ini sangat banyak peralatan elektronik yang sudah dilengkapi teknologi hemat energi listrik dan ramah lingkungan maka anda harus mulai beralih dari teknologi konvensional dan mengunakan produk elektronik ini.

Biasanya dalih yang digunakan adalah dayatahan dan perawatan dari produk elektronik tersebut, namun itu semua hanya alasan karena itu semua tergantung anda dalam menyeleksi produk yang unggul dan berdaya tahan kuat.

Faktor berikutnya yang menjadi penyebab listrik boros listrik adalah elektronik, didalam rumah jelas terdapat banyak peralatan Elektronik.

Namun ada beberapa peralatan yang sangat berpotensi mengabiskan listrik dengan cepat yang harus anda ketahui dan anda perhatikan juga efisiensi penggunaannya.

Maka dengan mengetahuinya maka anda akan semakin paham bagaimana cara untuk hemat listrik.

Apa saja saja elektronik yang tidak hemat listrik? Berikut ini 20 jenis elektronik paling boros listrik ;

AC/Air Conditioner

Peralatan elektronik ini sangat boros listrik apa lagi tidak mengetahui cara menghemat listrik untuk AC.

Untuk ukuran 1/2 PK Airconditioner akan mengkonsumsi listrik setidaknya 300W – 500W.

Bisa dibayangkan bila anda menggunakannya dalam jangka panjang dan seberapa banyak uang  yang bisa anda hemat dengan mengefisiensi penggunaan AC.

Setrika Conventional

Tidak diragukan lagi, semua perangkat yang menggunakan elemen pemanas pasti sangat boros listrik, begitupun seterika.

Seterika dapat mengkonsumsi listrik mulai dari 350 watt – 2000 watt tergantung mode seterika dan merek/model yang digunakan.

Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir, karena anda masi bisa mengemat listrik dengan mengikuti panduan seterika yang benar agar tidak boros listrik.

Seterika Uap/Steamer Iron

Tidak berbeda dengan seterika konvensional, seterika uap listrik juga menggunakan elemen pemanas, namun seterikaan jenis ini lebih boros lagi.

Kenapa? Karena cara kerja seterikaan uap yaitu dengan memanaskan air yang sifatnya Pendingin dan merubahnya menjadi uap panas.

Setidaknya seterikaan uap dengan daya paling rendah dimulai dari 500 watt-2000 watt.

Maka gunakanlah dengan bijak dan gunakan cara yang benar ketika menggunakan seterikaan broiler agar hemat listrik.

Hair Dryer/Pengering rambut

Tidak banyak orang yang mengetaui jika peralatan elektronik hair dryer adalah salah satu peralatan elektronik yang tergolong boros listerik.

Jika belum yakin maka anda bisa baca keterangan pada hairdyer anda maka bisa dipastikan anda akan terkejut.

Tepat, hairdrayer memang sangat dibutuhkan terutama bagi para wanita, baik hanya sekedar untuk mengeringkan rambut,perawatan dan membentuk gaya rambut.

Namun kenyataanyanya alat ini memang mengkonsumsi listrik dengan sangat buas dan bisa mencapai 500 watt bahkan ribuan watt.

Kulkas satu pintu & Freezer

Apa yang bisa anda pahami dari gambar kulkas satu pintu diatas? baiklah, saya akan jelaskan.

Gambar diatas menunjukan cara kerja kulkas satu pintu mendinginkan ruangan kulkas, pada bagian atas dinamakan evaporator yang mana fungsinya adalah sumber dingin pada kulkas atau freezer.

Lalu apa yang akan terjadi? Maka yang akan terjadi adalah mesin akan terus bekerja sepanjang waktu untuk mendinginkan ruangan kedua kulkas.

Tentu saja dengan cara kerja demikian maka kulkas satu pintu juga freezer termasuk alat elektronik yang sangat boros listrik.

Pompa Air Jet Pump

Pada keterangan teknis pengunaan daya pompa air jet pump tentu sangat jelas menunjukan konsumsi daya listrik yang besar alias boros listrik.

untuk PK motor jet pump yang terendah setidaknya akan menyedot listrik 800 watt dan untuk pk yang lebih tinggi bisa mencapai 2000 watt lebih.

Sebaiknya anda menggunakan jenis pompa air biasa atau semi jet pump jika ingin hemat listrik.

TV Tabung (CRT), TV Plasma, dan TV produksi Jadul

Sebaiknya anda segera menukarkan TV tabung anda dengan TV hemat listrik seperti LED, apalagi LED yang dilengkapi fitur hemat energi listrik.

Selain Jauh lebih boros listrik, TV tabung juga tidak baik untuk kesehatan mata dan mengasilkan karbon serta radio aktif yang tinggi dari tabung katodenya.

Rice cooker,Magic jar & Magic Com

Hampir semua orang memiliki Rice cooker/Magic jar untuk memasak dan menghangatkan nasi.

Namun, alat ini ternyata tergolong boros listrik, 300-1000+ watt tergantung ukuran kapasitas liter.

Dengan kata lain semakin besar kapasitas rice cooker dan magic jar yang anda miliki akan menentukan besaran listrik yang akan dikonsumsi.

Semakin besar kapasitas rice cooker akan semakin boros listrik dan sebaliknya, semakin kecil maka akan semakin hemat listrik.

Kompor Listrik

Bersiaplah biaya listrik anda akan membengkak besar jika anda menggunakan kompor listrik.

Kompor listrik mengunakan kumparan logam yang cara kerjanya mirip seperti elemen pemanas pada umumnya.

Bayangkan jika anda menggunakan 2 tungku sekaligus saat memasak, dan masing-masing tungku mengkonsumsi dayalistrik 7000-1000 watt, tagihan listrik anda dipastikan meledak.

Pemakaian kompor listrik akan menyedot listrik daya sampai ribuan watt dan tentu saja ini adalah pemborosan listrik yang sangat fatal, sama sekali tidak disarankan untuk penggunaan harian.

Jika ingin hemat listrik, pergunakan kompor listrik pada saat darurat saja, contohnyaketika sangat sulit mendapat persediaan gas selain alasan tersebut “say no”.

Kompor Induksi

 

Jenis kompor seperti ini biasa dipergunakan oleh kalangan menengah atas atau orang yang berlebih secara materi.

Mengapa demikian? tentu saja karena harganya yang mahal dan juga konsumsi listrik yang sangat-sangat tidak hemat, 1000-5000 watt.

Oven listrik

 

Alat pemanggang konvensional sudah tergantikan dengan dengan pemanggang  elektronik yang kita kenal dengan nama Oven LIstrik

Alat ini sangat digandrungi dan populer diruma karena karena instan dan multi fungsi, namun pada dasarnya alat ini tidak hemat listrik.

Karena alat ini menggunakan elemen pemanas berdaya listrik tinggi dan bisa mencapai beberapa ribu watt, tergantung ukuran volum oven dan mode pemanggang yang digunakan tentunya.

Microwave

 

Memang diakui multi fungsi yang serba instan dari microwave sangat memanjakan pengguna alat elektronik ini, tapi konsekuensinya adalah biaya listrik anda akan meningkat drastis jika mengunakan alat elektronik ini terlalu sering.

Konsumsi daya listrik dari alat ini sangat tinggi +1000watt bakan lebih tinggi lagi pada mode penggunaan tertentu.

Penggunaan microwave yang tidak terkontrol menyebabkan tagihan listrik akan tidak terkontrol alias membengkak.

Water heater Electric (Shower)

Tentu mandi air panas sangat menyenangkan apa lagi dengan dilengkapi bathtube, namun anda akan shock ketika melihat pengeluaran listrik anda yang justru tidak menyenangkan.

Anda wajib tau bahwa water heater merupakan peralatan elektronik yang sama sekali tidak hemat listrik, apa lagi jika anda intens menggunakannya.

Tentu saja tidak ada salanya menggunakan alat ini untuk tujuan yang baik, meskipun demikian anda harus memilih produk water heater yang tidak boros listrik dan cara penggunaan yang efisien untuk menghemat listrik.

Mesin cuci

Bukan berarti anda tidak boleh mengunakan mesin cuci, melainkan anda harus memiliki pengethauan yang benar mengenai cara kerja mesin cuci agar listrik tidak boros.

yang pertama anda harus memahami kebutuhan anda baik intensitas anda ketika mencuci dan melakukan pengaturan yang tepat pada mode mencuci.

Hindari mode pencucian dengan air panas karena ini sangat berpotensi pemborosan listrik dan pilihlah ukuran volume produk yang sesuai dengan kebutuhan yang sekiranya ideal untuk rumah anda dan membuat jadwal mencuci akan lebih baik untuk lebih menghemat listrik.

Alat Catok Rambut

Semua orang mengenal alat catok rambut namun tidak semua orang tau bahwa alat ini ternyata boros listrik.

Alat ini cuma salah satu diantaranya, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Semua peralatan listrik dan elektronik yang mengunakan elemen penghasil panas sangat boros listrik.

Alat Semprot Air Tekannan Tinggi

Cara kerja alat mirip seperti pompa air, namun bedanya pada kinerja mesin yang dipaksa untuk memberi tekanan melalui ujung pipa yang sempit dan membutukan daya listrik  yang besar untuk memberikan tekannan air dan inilah yang menyebabkan alat ini jauh lebih boros dibandingkan pompa air.

Teko listrik / Ketel Listrik

Memang  terliat cantik dan cocok jika diletakan didapur atau dimanapun dalam ruangan rumah anda namun listrik yang diabiskan alat listrik ini tidak secantik bentuknya.

Alat listrik ini merupakan peralatan elektronik yang harus dihindari jika anda ingin menghemat listrik dan tidak menginginkan pengeluaran listrik anda besar.

Setidaknya daya yang dibutuhkan mencapai 2000W dan bisa lebih tergantung dari ukuran volume yang akan dipanaskan dan kecepatan pemanasnya.

Dispenser panas dingin

Bagaimana menurut anda dengan gambar diatas? ya, terlihat dispenser yang berdekatan dengan kulkas.

Tentu saja bukan hanya itu, pasti yang terlintas dibenak anda adalah pemborosan listrik. dan itu tepat.

Dispenser merupakan alat elektronik yang lebi boros dari kulkas, mengapa demikian karena alat elektronik ini memiliki motor listrik atau mesin dinamo sekaligus pemanas elemen pemanas untuk menghasilkan air dengan tempratur mendidih.

Dan bisa dibayangkan alat tersebut stand by 24 jam non-stop maka jangan harap anda bisa hemat listrik. Ini merupakan pemborosan yang bisa dijelaskan dengan mudah.

Vacum Cleaner/Penyedot Debu

Semakin besar motor vacum cleaner maka daya sedotnya akan semakin baik dan semakin besar juga listrik yang tersedot dan semakin besar pula pengeluaran anda untuk membayar tagihan listrik.

Mungkin anda tergiur dengan baasa pemasaran vacum cleaner hemat listrik namun keterangan tersebut tidak secara jelas menerangkan ketika mesin dalam konsisi menyedot melainkan dalam kondisi stand by tanpa beban.

Maksunya? Saat ujung penyedot debu tertutup rapat maka mesin akan bekerja lebih keras dan ini tidak dijelasakan dalam spesifikasi.

Namun untuk kualitas vavum cleaner dengan daya hisap yang bagus setidaknya mengkonsumsi daya diatas 2000W, dengan demikian alat ini sangat tidak hemat listrik.

Lampu Pijar (lampu kristal, lampu sorot taman)

Dijaman sekarang lampu jenis ini suda jarang ditemukan didalam ruma karena kesadaran orang untuk memilih lampu LED yang notebenenya hemat listrik.

Penempatan lampu ini umumnya ditaman diperuntukan sebagai lampu sorot dan lampu hias sekaligus berfungsi sebagai penerangan taman.

tetapi semakin berkembangnya teknologi lampu jenis ini mulai keilangan popularitasnya karena terlalu boros energi listrik dan digantikan lampu sorot LED.

Begitupun dengan lampu kristal sudah mulai digantikan denga desain baru yang mengunakan LED.

Gunakan Elektronik Dengan Efisien dan Bijak

Bukan berarti tidak boleh digunakan sama sekali, melainkan Anda tidak boleh sembarangan menggunakan peralatan elektronik dan mengerti konsekuensi teradap tagihan akibat penggunaan peralatan dengan cara yang tidak efisien.

Kesimpulan

Elektronik dan alat listrik sudah pasti sangat bermanfaat untuk membantu kehidupan manusia dan sudah merupakan gaya hidup masa kini dan sekaligus juga bisa menjadi bumerang jika tidak bisa mengunakannya dengan baik dan benar.

Maka anda perlu mengenal peralatan elektronik yang berada disekitar anda dan mengetahui cara kerjanya.

Tentu saja tujuannya agar anda tidak menjadi budak dari alat listrik dan elektronik melainkan semakin bijak dalam pemanfaatan peralatan elektronik dan tentu saja hemat listrik merupakan salah satu poin pentingnya. Salam kepotek, Kepoin teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here