Cara Cegah Smartphone Android Agar Tidak Cepat Panas

Smartphone android yang cepat panas merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami sebagian orang. Hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi usia smartphone anda sendiri.

Selain itu, smartphone yang panas pun juga dapat merusak ponsel anda dengan cepat dikarenakan suhu perangkat yang terlalu tinggi dan bisa membuat pengguna menjadi tidak nyaman.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara cegah smartphone android agar tidak cepat panas yang perlu anda tahu.

DAFTAR ISI

Cara Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Cepat Panas

1. Penggunaan Casing

Terkadang, dengan menggunakan casing juga menjadi salah satu penyebab yang akan membuat smartphone anda menjadi cepat pnas.

Hal ini dikarenakan menggunakan casing pada smartphone akan membuat panas di smartphone menjadi tetap mengendap dan tidak dapat dibuang keluar.

Sehingga untuk mengatasinya, anda bisa dengan membuka atau melepas casing anda ketika dirasa smartphone anda mulai panas.

Baca Juga:

2. Melihat Aplikasi Berjalan Di Background

Selain itu, cara cegah smartphone android agar tidak cepat panas yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background smartphone anda.

Hal ini disebabkan tak jarang jika aplikasi yang berjalan di background dapat menjadi salah satu penyebab smartphone menjadi cepat panas.

Alasannya tentu saja dikarenakan aplikasi tersebut tetap akan menjalankan CPU, Wi-Fi ataupun internet meskipun tidak anda buka.

Untuk itu, anda bisa mengatasinya dengan melakukan atau mematikan penggunaan data pada background smartphone anda.

Caranya adalah dengan membuka Settings>Apps & Notifications>All Apps dan kemudian anda bisa memilih aplikasi yang ingin anda hentikan aktivitasnya.

Setelah itu, anda dapat memilih data usage untuk mengetahui aktivitas dan menghentikan opsi background data untuk menghentikan pemberian akses untuk ke internet.

3. Mengecek Kemungkinan Adanya Malware

Selanjutnya untuk cara cegah smartphone android agar tidak cepat panas yaitu dengan melakukan pengecekan dengan kemungkinan adanya malware pada smartphone anda.

Malware yang biasanya terdapat pada sistem operasi android dapat menjadi salah satu penyebab perangkat anda menjadi panas.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda bisa melakukan pengecekan ada atau tidaknya malware pada smartphone anda terlebih dahulu.

Karenanya, jika anda menggunakan smartphone dengan normal akan tetapi suhu ponsel anda tetap tinggi, maka anda perlu mempertimbangkan untuk mengecek keberadaan malware pada smartphone anda.

Pada umumnya anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek keberdaan malware tersebut.

Selain itu, anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap aplikasi pihak asing yang tidak pernah anda download sebelumnya.

4. Tidak Menggunakan Kamera Secara Berlebihan

Cara cegah smartphone android agar tidak cepat panas selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kamera seperlunya saja.

Hal ini dikarenakan saat ini terdapat banyak smartphone yang memiliki kemampuan untuk merekam video yang memiliki kualitas tinggi.

Sehingga hal tersebut dapat menjadi faktor yang menyebabkan suhu pada smartphone anda semakin panas.

Oleh sebab itu, anda bisa dengan menghindari merekam video yang berkuliatas tinggi terlalu lama.

Baca Juga:

Kesimpulan

Selain itu, terdapat pula beberapa faktor lain yang menyebabkan suhu smartphone anda menjadi cepat panas.

Diantaranya adalah resolusi dan kecerahan layar yang berlebihan.

Serta anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap baterai dan kabel charger anda.

Anda juga perlu memastikannya dalam kondisi yang masih baik agar menghindari smartphone anda menjadi cepat panas.

Nah, itulah beberapa cara cega smartpone android agar tidak cepat panas yang dengan mudah bisa kamu coba. Semoga Bermanfaat!

Like, Komen, dan Share artikel ini agar bermanfaat untuk orang lain.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama.

Kamu sangat paham bagaimana cara membantunya. Terima kasih

Salam Kepotek. Kepoin Teknologi!