Sudah Tahu Cara Cegah Malware di Smartphone?

0

Saat ini virus dan malware tidak hanya terdapat pada PC saja, melainkan juga dapat dengan mudah menyerang smartphone anda.

Hal ini dikarenakan perangkat seperti smartphone, terutama android yang juga menjadi sasaran target dari penyerangan virus dan malware tersebut.

Untuk itu, kali ini akan mengulas beberapa tips dan cara cegah malware di smartphone yang tentunya wajib untuk anda ketahui. Berikut simak ulasannya.

Sebagai bahan bacaan lain berhubungan denga malware kamu bisa baca Beberapa Hal Penting Tentang Ransomware.

Cara Mencegah Malware Pada Android Yang Harus Anda Tahu

1. Melakukan Scanning Virus dan Malware Secara Berkala

Hal pertama yang perlu anda lakukan agar smartphone anda tidak mudah terjangkit virus dan malware adalah dengan melakukan scanning terhadap virus dan malware di dalam smartphone anda secara reguler.

Hal ini merupakan hal yang wajib untuk anda lakukan dikarenakan dengan melakukan scanning akan menjadi salah satu cara yang cukup bagus untuk mencegah timbulnya virus.

Untuk cegah malware di smartphone, anda tentunya bisa dengan melakukan scanning dengan menggunkan aplikasi antivirus yang tersedia di perangkat anda.

Melalui scanning, tentu saja juga akan bisa membantu anda untuk mencegah malware dan vius untuk dapat masuk dan menyerang perangkat android anda.

2. Tidak Sembarangan Memberikan Akses Superuser

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mencegah malware untuk masuk ke smartphone anda adalah dengan tidak sembarangan memberikan akses superuser.

Hal ini pada umumnya akan terjadi pada anda pemilik perangkat android yang sudah di root.

Untuk itu jangan pernah memberikan akses superuser kepada aplikasi yang tidak benar-benar anda percayai.

Hal ini dikarenakan nantinya akan memberikan kontrol penuh terhadap perangkat anda kepada malware.

Baca Juga:

3. Berhati-Hati Terhadap Aplikasi Market Pihak Ketiga

Selain itu, untuk cegah malware di smartphone anda tentunya perlu berhati-hati dengan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Hal ini dikarenakan aplikasi market seperti Play Store pun terkadang bisa membawa malware masuk ke dalam smartphone.

Untuk itu, anda pun perlu ekstra hati-hati untuk mengunduh aplikasi melalui aplikasi market pihak ketiga yang tentunya pasti akan jauh lebih berbahaya.

4. Memeriksa Pembuatnya

Selain itu, malware biasanya akan datang bersamaan ketika anda baru saja menginstall atau mengunduh aplikasi yang baru.

Hal itu tentu saja menjadi perhatian ekstra bagi anda untuk tidak sembarangan mengunduh aplikasi.

Untuk itu, setelah anda membaca review dari aplikasi tersebut maka anda juga perlu memeriksa pembuat aplikasi tersebut terpercaya ataupun tidak.

Jika anda merasa aplikasi dan pembuatnya meragukan, maka anda sebaiknya tidak mengunduh aplikasi tersebut untuk menghindari malware.

5. Membaca Review Aplikasi Sebelum Menginstall

Cara cegah malware di smartphone selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan membaca review aplikasinya terlebih dahulu sebelum anda mengunduhnya.

Hal ini dikarenakan ketika anda ingin menginstall aplikasi yang baru dari Play Store, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu review nya.

Hal ini disebabkan agar anda mengetahui aplikasi seperti apa yang ingin anda download.

Selain itu, jika aplikasi tersebut bermasalah pastinya akan banyak yang memberikan review yang negatif mengenai aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Satu-satunya cara agar smartphone anda menjadi aman dari serangan malware ataupun virus adalah dengan tidak mengunduh aplikasi apapun atau menghubungkannya kepada komputer dan perangkat yang lainnya.

Akan tetapi hal tersebut tidaklah mudah untuk anda lakukan.

Oleh sebab itu, anda bisa menggunakan cara-cara tersebut untuk menghindari dan mencegah smartphone anda dari adanya malware ataupun virus yang ingin masuk ke smartphone anda.

Nah, itulah beberapa cara cegah malware pada smartphone yang bisa kamu coba. Silahkan baca artikel lainnya agar informasi tentang teknologi semakin bertambah.

Baca Juga:

Like, Komen, dan Share artikel ini agar bermanfaat untuk orang lain.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama.

Kamu sangat paham bagaimana cara membantunya. Terima kasih

Salam Kepotek. Kepoin Teknologi!