Berbagai Cara untuk Kirim File dari PC ke Android

Sobat tekno, kamu tahu tidak mengapa android merupakan jenis smartphone yang lebih sering dipakai oleh orang orang sekarang ini? Salah satunya karena mudanya cara kirim aplikasi di android itu sendiri.  Tidak hanya untuk sesama android bahkan untuk mengirimkan file berupa video atau gambar ke platform lain seperti PC. Nah pada pembahasan kali ini, yuk kita gali lebih dalam apa saja sih cara-cara kirim file dari PC ke android.

Menggunakan kabel USB

Ini merupakan cara paling umum yang sering digunakan, cukup dengan menghubungkan kabel USB antara android dengan PC kamu, kamu sudah bisa memindahkan file apapun yang kamu mau. Detail langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Sesudah android dan PC kamu terhubung dengan kabel USB, maka akan muncul notifikasi di smartphone kamu yang bertuliskan “mengisi daya perangkat ini via USB”. Ketuklah notifikasi tersebut
  2. Selanjutnya akan muncul tulisan “Gunakan USB untuk”. Kamu pilih “transfer file”.
  3. Jendela transfer file akan terbuka di komputer. Nah pada saat ini kamu sudah bisa memindahkan file kamu dari PC ke android

Menggunakan website

Sekarang kamu pun bisa menggunakan website lho sebagai cara kirim file dari PC ke android cukup dengan menghubungkan keduanya di jaringan Wi-fi yang sama. Kelebihan dari format website ini adalah dijamin  kompatible dengan sistem operasi apapun baik itu windows, Mac OSX ataupun Linux.

Ini adalah contoh website-website yang bisa kamu gunakan:

LanNote

Ini adalah tampilan awal saat pertama kali kamu membuka https://alternativeto.net/software/lannote/. Kamu tinggal pilih file yang ingin dibagikan. Setelah itu buka juga website ini di  android kamu maka secara otomatis dapat mendowload file yang telah dibagikan tadi.

Snapdrop

Cara penggunaannya, kamu tinggal hubungkan PC dan smartphone dengan Wi-Fi yang sama kemudian buka snapdrop.net pada masing-masing perangkat. Setelah terbuka maka kamu akan melihat daftar device yang terhubung ke server dalam bentuk ikon di tengah.  Selanjutnya kamu  klik ikon di tengah dan pilih file yang akan dikirim.ke perangkat android kamu.

Menggunakan aplikasi share it

  1. Pastikan aplikasi ini sudah terinstall baik itu di PC maupun android kamu
  2. Buka aplikasi share it di android kamu dulu, pada tampilan pertama kamu akan disediakan pilihan “send” atau “receive”. Pilih receive karena di sini kamu akan menjadikan android kamu sebagai penerima file.
  3. Selanjutnya aplikasi akan menyuruh kamu untuk menentukan kamu akan menerima file dari perangkat apa. Pilih “connect to PC”
  4. Buka share it yang ada di PC kamu supaya dapat menerima sinyal dari share it di android tadi
  5. Kemudian pada android, klik nama PC yang akan kamu hubungkan. Ini contohnya
  6. Seketika itu juga aplikasi ini akan langsung mengakses galeri sehingga kamu dapat langsung mengirimkan file yang kamu inginkan ke android

Sobat tekno, itulah tadi cara-cara kirim file dari PC ke android yang bisa kamu coba . Sampai di jumpa di pembahasan-pembahasan menarik berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here