Bagaimana Cara Mudah Membuat Bot Telegram?

Cara Membuat Bot Telegram

Cara Membuat Bot Telegram: merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang cukup terkenal.

Apalagi aplikasi ini cukup aman untuk digunakan, selain itu kelebihan yang dimiliki oleh telegram memungkinkan kamu bisa membuat sendiri.

Nah, bagaimana cara membuat bot telegram? Sebenarnya cara bikinnya ada dua jenis yakni melalui coding dan non coding, melalui user bot yang disiapkan.

Cara Buat Akun Telegram

Sebelum bisa membuat, tentu saja kamu harus memiliki akun di telegram terlebih dahulu. Sebenarnya cara untuk membuat akun telegram bahkan cara buat grup di telegram cukup mudah.

Kamu pasti bisa menggunakannya. Setelah memasang aplikasi di perangkat handphone selanjutnya kamu bisa menjalankan aplikasi.

Setelah itu nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel untuk tahap verifikasi pendaftaran.

Nantinya pihak telegram akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel dan kamu bisa memasukkan kode tersebut ke telegram. Nah, ketika sudah sampai di tahap ini sebenarnya akun telegram kalian sudah jadi.

Ketika kamu sudah memiliki akun telegram maka kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau. Apalagi aplikasi telegram merupakan jenis aplikasi pesan instan dengan enkripsi  data yang sangat tinggi.

Oleh karena itu kamu bisa membuat bot telegram dengan aman. Cara mencari teman di telegram juga sangat mudah, kamu hanya perlu menuliskan siapa nama teman yang ingin kamu cari.

Bahkan jika kamu sudah menyimpan kontak teman sebelumnya dan mereka memiliki telegram nantinya kontak tersebut akan langsung muncul di kontak telegram milikmu.

Cara Menambah Stiker di Telegram

Keunikan yang ditawarkan oleh telegram yakni memungkinkan penggunanya untuk menambahkan stiker dalam jumlah yang banyak tanpa membuat aplikasi menjadi lemot.

Selain menambahkan stiker, kamu juga bisa membuat stiker sendiri dengan menggunakan bot telegram.

Wah, sangat menarik ya! Bot stiker yang dimiliki telegram bisa kamu akses dengan bebas, dengan ini memungkinkan kamu membuat stiker yang baru dan memasukkannya dalam sticker pack.

Bot ini bahkan memungkinkan kamu untuk mempublish stiker yang sudah kamu buat sebelumnya.

Apa itu Bot Telegram?

Sebelum mulai membuat, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa itu bot telegram.

Bot telegram adalah jenis bot atau robot yang dibuat dengan sengaja untuk bisa mengerjakan perintah yang telah dituliskan sebelumnya. Umumnya perintah ini berupa instruksi yang nantinya diberikan oleh pengguna untuk dilakukan oleh bot.

Sebenarnya, bot telegram merupakan robot yang sudah dibekali dengan fitur AI yang canggih.

Menariknya anda bisa memasang bot telegram tanpa harus menggunakan nomor telepon dan bisa digunakan pada berbagai platform handphone yang sudah mendukung aplikasi telegram.

Juga bisa digunakan tanpa harus mengganggu aplikasi, jadi sebagai pengguna kamu tetap nyaman jika ingin menggunakan telegram.

Banyak orang menggunakan bot telegram sebagai cara transaksi pulsa via telegram. Wah, untuk pebisnis tentu saja ini menjadi hal yang sangat menjanjikan ya!

Bot Telegram untuk Apa?

Banyak sekali kelebihan telegram yang menjadi alasan mengapa kamu harus menggunakan telegram.

Telegram memungkinkan untuk mendapatkan pemberitahuan khusus bahkan berita, bisa dikatakan kamu juga bisa membuat bot khusus untuk update tentang berita. Bot yang dimiliki oleh telegram juga memungkinkan kamu untuk dapat menggunakan berbagai jenis layanan konten.

Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk mempermudah proses pembayaran.

Telegram tidak hanya sebatas aplikasi mengirim pesan saja, hingga saat  ini semakin banyak orang berpindah ke telegram karena selain aman.

Telegram juga memungkinkan kamu untuk dapat membuat games, apalagi jika merasa hari-harimu sudah terlalu lelah.

Maka kamu bisa juga menggunakan platform telegram untuk membuat games atau bahkan hanya sekedar bermain games.

Cara Kerja Bot Telegram

Mungkin ketika membaca tulisan ini akan terkesan mengagungkan telegram, tapi pada kenyataannya memang penggunaan telegram memiliki berbagai kelebihan.

Secara umum, cara kerja bot telegram bisa dilakukan tanpa mengharuskan anda memiliki nomor telepon baru, hanya perlu memiliki akun saja.

Setelah itu anda bisa mengirimkan perintah ke Bot bahkan bisa mengundang ke dalam grup yang anda miliki.

Ketika berada di dalam grup, apapun perintah yang anda kirimkan dan sesuai dengan instruksi yang dimiliki oleh Bot nantinya akan bisa menjawab perintah tersebut.

Ada juga cara kerja bot melalui Inline Bot, fungsi ini yakni memungkinkan anda untuk bisa mengirimkan pesan langsung ke Bot tanpa harus mengundang bot tersebut.

Jadi, kamu hanya perlu menuliskan @namabot dan selanjutnya bisa menuliskan perintah yang sudah diatur sesuai instruksi bot.

Cara Transaksi Pulsa Lewat Telegram

Jika anda ingin berbisnis pulsa, saat ini ada cara mudah yang bisa anda lakukan. Umumnya orang-orang yang melakukan transaksi pulsa menggunakan <kode>.<no telepon>.<pin> dan nantinya pulsa bisa langsung masuk ke pelanggan.

Cara Transaksi Pulsa Lewat Telegram
Cara Transaksi Pulsa Pakai Aplikasi Telegram

Cara membuat telegram bot untuk berjualan pulsa bisa kamu lakukan dengan mudah, pertama kamu hanya perlu untuk mencari botfather yang terdapat di aplikasi telegram.

Setelah itu kamu bisa mulai membuat nama bot sesuai keinginan misalnya “bot pulsa”.

Untuk pengaturan settingan dasar bot kamu bisa menggunakan @manybot.

Selanjutnya untuk proses setting bot custome command bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beberapa pilihan perintah misalnya broadcast user, rss feed, auto posting, form jawaban dan berbagai jenis pilihan lainnya.

Cara Menggunakan Telegram Messenger

Nah, jika kamu sudah selesai membuat bot dan ingin menggunakan bot untuk telegram messenger, kamu bisa mulai mencoba untuk mengirimkan perintah ke bot.

Misalnya ketika kamu ingin melakukan transaksi pengisian pulsa bisa kamu lakukan dengan mengirimkan <kode>.<no telepon>.<pin>, setelah itu bot akan langsung melakukan perintah.

Sebenarnya penggunaan bot telegram juga sama dengan menggunakan aplikasi pesan instan pada umumnya, bot telegram dapat melihat nama, profil pengguna dan apa saja chat yang kamu tuliskan.

Namun, sebagaimana tingkat keamanan, pihak bot tidak akan melihat nomor ponselmu jika kamu tidak mengijinkn.

Bot Telegram Cuaca

Jika kamu ingin membuat khusus perkiraan cuaca sebenarnya juga bisa kamu lakukan. Saat ini mulai banyak Dinas terkait yang menggunakan sebagai layanan pemberitahuan untuk cuaca.

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan @BotFather untuk membuat Bot baru, setelah itu isi namanya sesuai dengan keinginan.

Setelah selesai, kamu tetap membutuhkan bot lain yakni Manybot dan masukkan API token yang sudah kamu dapatkan dari botfather sebelumnya.

Untuk buat backlink blog juga bisa, sebagai tambahan bisa lihat video ini:

Simpulan

Nah, setelah selesai tahapan ini maka selanjutnya kamu bisa memasukkan deskripsi dari Bot yang ingin kamu buat.

Nah, bot untuk perkiraan cuaca sudah selesai dibuat dan siap untuk kamu gunakan.

Salam Kepotek, Kepoin Teknologi.

close