Bagaimana Cara Membuat Bot Telegram Mudah?

Cara membuat bot telegram membantu kamu yang masih bingung dengan cara menggunakanya. Bot adalah salah satu fitur penting yang tersedia dalam aplikasi messenger yang biasa disebut dengan sebutan bot telegram.

Saat ini ada banyak aplikasi chatting yang terdapat di smartphone yang dapat membantu kamu berkomunikasi dengan orang lain. Seperti aplikasi chatting yang sudah sering kita dengar dan gunakan yaitu Whatsapp.

Menurut beberapa pandangan apilkasi kirim pesan satu ini cukup aman untuk digunakan, selain itu kelebihan lainnya yaitu pengguna (user) di mungkinkan untuk bisa membuat bot di telegram sesuai keinginan dan keperluan.

Kamu yang ingin tahu cara gampang membuat bot telegram sendiri dapat menyimak langkahnya dibawah nanti. Tidak perlu bingung karena kamu tidak perlu menambahkan nomor telepon atau menginstal aplikasi lain.

Bot Telegram dan Cara Membuat BOT di Telegram

Bot dan Cara Membuat BOT di Telegram

Nah, bagaimana cara membuat bot telegram? Sebenarnya cara bikinnya ada dua jenis yakni melalui coding dan non coding, melalui user bot yang disiapkan.

Sebelum mulai membuat, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa itu bot telegram, bot telegram untuk apa, dan bagaimana cara kerja bot telegram.

Adanya pilihan tools lain juga menjadi nilai lebih yang membuat Telegram berbeda dengan Whatsapp. Seperti salah satunya adalah bot telegram.

Bagi kamu yang sudah memasang Telegram pada smartphone, tentu tidak asing dengan bot telegram yang merupakan sebuah robot yang telah diprogram agar dapat menjalankan tugas dari penggunanya.

Apa itu Bot Telegram?

Bot telegram adalah jenis bot atau robot yang dibuat dengan sengaja untuk bisa mengerjakan perintah yang telah dituliskan sebelumnya. Umumnya perintah tersebut berupa instruksi yang nantinya diberikan oleh pengguna untuk di lakukan oleh bot. Sebenarnya, bot telegram merupakan robot yang sudah dibekali dengan fitur AI yang canggih.

Menariknya anda bisa memasang bot telegram tanpa harus menggunakan nomor telepon dan bisa digunakan pada berbagai platform handphone yang sudah mendukung aplikasi telegram.

Juga bisa digunakan tanpa harus mengganggu aplikasi, jadi sebagai pengguna kamu tetap nyaman jika ingin menggunakan telegram.

Banyak orang menggunakan bot telegram, salah satu diantaranya yaitu untuk transaksi pulsa via telegram. Wah, untuk pebisnis tentu saja ini menjadi hal yang sangat menjanjikan ya!

Bot Telegram untuk Apa?

Banyak sekali kelebihan telegram yang menjadi alasan mengapa kamu harus menggunakan telegram.

Bot telegram untuk apa? Bot telegram memungkinkan kita mendapatkan pemberitahuan khusus bahkan berita, bisa dikatakan user juga bisa membuat bot khusus untuk update tentang informasi berita. Robot Ai di telegram memungkinkan kamu untuk dapat menggunakan berbagai jenis layanan konten, selain itu juga bisa digunakannya untuk mempermudah proses pembayaran.

Telegram tidak hanya sebatas aplikasi mengirim pesan saja, hingga saat  ini semakin banyak orang berpindah ke telegram selain aman.

Telegram memungkinkan kamu untuk membuat games, apalagi jika merasa hari-harimu sudah terlalu lelah, maka kamu bisa juga menggunakan platform telegram untuk membuat games atau bahkan hanya sekedar bermain game.

Cara Kerja Bot Telegram

Mungkin ketika membaca tulisan ini akan terkesan mengagungkan telegram, tapi pada kenyataannya memang penggunaan telegram memiliki berbagai kelebihan.

Secara umum, cara kerja bot telegram bisa dilakukan tanpa mengharuskan anda memiliki nomor telepon baru, hanya perlu memiliki akun saja.

Setelah itu anda bisa mengirimkan perintah ke Bot bahkan bisa mengundang ke dalam grup yang anda miliki.

Ketika berada di dalam grup, apapun perintah yang anda kirimkan dan sesuai dengan instruksi yang dimiliki oleh Bot nantinya akan bisa menjawab perintah tersebut.

Ada juga cara kerja bot melalui Inline Bot, fungsi ini yakni memungkinkan anda untuk bisa mengirimkan pesan langsung ke Bot tanpa harus mengundang bot tersebut.

Jadi, kamu hanya perlu menuliskan @namabot dan selanjutnya bisa menuliskan perintah yang sudah diatur sesuai instruksi bot.

Bot Telegram Cuaca

Jika kamu ingin membuat khusus perkiraan cuaca sebenarnya juga bisa kamu lakukan. Saat ini mulai banyak dinas terkait yang menggunakan sebagai layanan pemberitahuan untuk cuaca.

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan @BotFather untuk membuat bot baru, setelah itu isi namanya sesuai dengan keinginan.

Setelah selesai, kamu tetap membutuhkan bot lain yakni Manybot dan masukkan API token yang sudah kamu dapatkan dari botfather sebelumnya.

Nah, setelah selesai tahapan tersebut, maka selanjutnya kamu bisa memasukkan deskripsi dari Bot yang ingin kamu buat. Nah, bot untuk perkiraan cuaca sudah selesai dibuat dan siap untuk kamu gunakan.

Cara Membuat Bot Telegram

Orang tentu sudah sangat akrab menggunakan aplikasi Whatsapp sebagai alat chat. Selain chat kamu juga dapat menggunakan fitur video call.

Hampir semua orang merasa bahwa Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang mudah dan cepat. Namun tahukah kamu jika ada aplikasi yang lebih aman daripada Whatsapp? Yap! Telegram.

Telegram adalah sebuah aplikasi chatting yang hampir memiliki kesamaan dengan Whatsapp. Hanya saja, Telegram dikenal lebih aman dan lebih canggih daripada Whatsapp.

Kamu dapat dengan aman menggunakan Telegram karena adanya fitur keamanan yang terenkripsi end-to-end.

Melalui penggunaan bot telegram, kamu akan menemukan wadah yang tepat untuk mengasah kreativitas terlebih mereka para programming.

  1. Buka Telegram dan cari username @BotFather
  2. Jika sudah, klik dan klik Start.
  3. Lanjutkan dengan klik pada kolom komentar /newbot untuk membuat bot.
  4. Setelah itu kamu tekan Enter dan nanti akan muncul balasan.
  5. Buatlah nama bot yang kamu inginkan, seperti misalnya Food Hunter, lalu tekan Enter
  6. Lalu akan ada perintah untuk memasukkan username bot dan harus diakhiri dengan kata bot, misalkan foodhunterbot, tekan Enter.
  7. Dan kamu sudah memiliki akun dengan username foodhunterbot.
  8. Jika sudah kamu dapat mencoba mencarinya menggunakan nama bot yang kamu daftarkan.

Perlu diingat saat kamu selesai membuat bot melalui BotFather, kamu akan menemukan token untuk mengakses API.

API adalah application programming interface untuk melakukan program terhadap aplikasi, Jadi token yang tertera tersebut merupakan ID kamu bersifat rahasia sehingga jangan sampai orang lain mengetahuinya.

Jika token tersebut diketahui orang lain, maka orang lain dapat mengontrol bot kamu.

Video tutorial cara membuat bot telegram sendiri:

Begitulah cara membuat bot telegram yang dapat kamu coba sendiri.

Cara Membuat Bot telegram Tanpa Coding

Cara Mengaktifkan Bot Telegram dengan Manybot

Untuk sebagian orang yang bukan seorang programmer memang agak kesulitan ketika harus mencari cara buat telegram botpaling gampang. Alasannya karena mereka tidak memiliki kemampuan pemrograman karena membuat telegram bot tentu saja harus menggunakan coding.

Ataupun kemampuan memahami algoritma membuat program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman. Namun anda tak perlu kuatir, karena sudah ada cara membuat telegram bot tanpa harus bisa coding atau skill programming.

Pertama anda bisa menggunakan Manybot untuk membuat bot baru, anda bisa buka linknya https://t.me/Manybot.

Selanjutnya anda bisa mulai membuat bot anda. Anda bisa membuat nama bot sendiri dan anda juga akan mendapatkan token API.

Token API Telegram

Nah, Token API adalah kunci untuk anda bisa mengakses Bot ini, dan token ini biasanya digunakan untuk kode program.

Anda tidak perlu menulis kodenya, namun anda hanya perlu untuk untuk mengirimkan token ke Manybot.

Cara mendapatkan token Api telegram yang bisa anda lakukan adalah dengan cara berikut:

  • Bukan Botfather (bot baru).
  • Kemudian klik ikon commad bot “/” dan selanjutnya anda bisa pilih new bot.
  • Anda bisa mulai daftar baru bot dengan menuliskan nama bot anda.
  • Buat username untuk bot anda, usahakan membuat nama yang unik dan diakhiri dengan kata “bot”.
  • Setelah membuat nama dan mendapatkan token API, maka anda bisa kirimkan ke Manybot.

Integrasi Bot dengan Manybot

Selanjutnya setelah anda mendapatkan token API dan mengirim ke Manybot, maka akan terjadi proses integrasi Bot dengan Manybot.

Jika sudah berhasil, maka create bot sudah selesai, anda bisa langsung melakukan proses testing dengan cara mengklik link username atau bisa klik skip untuk melewatinya.

Konfigurasi Bot Telegram

Mungkin anda ingin membuat bot yang mampu mengecek post terbaru ataupun mengirim post baru dari subscribe reddit/r/programing.

Maka anda perlu melakukan proses integrasi RSS feed Sub reddit/r/programming dengan bot dengan cara melakukan pengaturan bot, lalu masuk ke autoposting.

Jika sudah demikian setiap post terbaru dari blog, twitter, dan youtube, dll akan terposting langsung oleh Bot telegram anda.

Lakukan Uji Coba Bot

Setelah anda menunggu beberapa menit, selanjutnya link bot akan terkirim ke semua akun milikmu.

Selain itu jika anda memiliki sebuah channel telegram dan berencana ingin setiap artikel yang baru dari blog ataupun channel youtube, maka di posting juga ke channel telegram yang anda miliki.

Perlu anda lakukan hanyalah dengan menambahkan botnya sebagai administrator Channel. Sangat mudah bukan?

Bila anda masih merasa kesulitan untuk buat bot di telegram, silahkan lihat tutorial video youtube cara buat membuat bot telegram tanpa coding dibawah ini:

Selamat mencoba menggunakan telegram bot untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar lagi ataupun juga bisa subscribe channel telegram bermanfaat.

Cara Membuat Bot Telegram dengan Coding

Saat sebelum masuk ke tahapan coding, sebaiknya anda pahami dahulu cara-cara pada bot API. Masihkah ingin meneruskan membuat bot Telegram sendiri dengan coding?

Semua tergantung anda, bila paham lagoritama programming, bahasa pemrograman, dan punyai waktu silakan, memang lebih di rekomendasikan untuk memakai frame-work (kerangka kerja).

Karena bisa lebih cepat dan tanpa di pusingkan dengan permasalahan Update, Offset dan lain halnya. Dengan frame-work kita dapat konsentrasi pada arah, tujuannya ingin digunakan buat apa botnya.

Salah satu frame-work yang cukup terkenal yakni Telegraf, Telegram bot frame-work for Node js”.

Telegram Chat ID

Untuk mengetahui chat id bot yang sedang kita pakai yaitu dengan cara melakukan pencarian pada kolom pencarian kontak . Selanjutanya masuk ke chat room get_id, klik start dan tunggu sampai menerima balasan dari get_id tersebut yang memberikan balasan berupa infomasi id yang kita perlukan.

Sedangkan untuk melihat group id caranya yaitu buka aplikasi telegram di smartphone anda, lalu lihat bot token yang sedang aktif atau sedang digunakan.

Step selanjutnya buka browser dan paste link url dengan format: api.telegram.org/botBOTTOKEN/getupdates dan jangan lupa untuk menganti kata BOTTOKEN dengan bot token milik kalian.

Contohnya seperti ini: api.telegram.org/bot323434331:BBDDlasuThQK$FvFDAerGwT2LxBcFm0yQew/getupdates

Lalu masukan bot kamu ke dalam grup yang kamu kehendaki, kemudian buka grup yang telah dibuat sebelumnya tentunya sudah ada botnya dan untuk mengetahui aktif atau tidaknya, silakan ketik sesuatu di grup chat.

Welcome Bot Telegram

Salah satu kelebihan dibandingkan aplikasi kirim pesan instan lainnya seperti Whatsapp yaitu telegram bisa dikelola secara automatis seperti yang kita harapkan dengan memanfaatkan fungsi bot.

Peranan robot satu diantaranya yaitu untuk menambahkan anggota baru yang ingin tergabung atau ditambah ke group telegram kita.

Secara automatis kita bisat membuat kalimat atau perkataan selamat datang hadirnya new membar, sebagai sambutan dengan rasa hangat dan perjumpaan ke mereka yang tergabung di group kita.

Hal ini dapat memberikan nilai positif untuk anggota baru di group yang kita urus.

Membuat welcome bot telegram tidaklah sulit, jika kamu sebagai admin group pasti akan repot untuk menghandle beberapa anggota.

Belum lagi bila kamu memiliki konten dan diwajibkan memposting konten terbaru di account mu, dengan memakai robot telegram bisa memudahkan tugas dalam mengurus account milik anda.

Cara Buat Akun Telegram

Sebelum bisa membuat, tentu saja kamu harus memiliki akun di telegram terlebih dahulu. Sebenarnya cara untuk membuat akun telegram bahkan cara buat grup di telegram cukup mudah.

Kamu pasti bisa menggunakannya. Setelah memasang aplikasi di perangkat handphone selanjutnya kamu bisa menjalankan aplikasi.

Setelah itu nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel untuk tahap verifikasi pendaftaran.

Nantinya pihak telegram akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel dan kamu bisa memasukkan kode tersebut ke telegram. Nah, ketika sudah sampai di tahap ini sebenarnya akun telegram kalian sudah jadi.

Ketika kamu sudah memiliki akun telegram maka kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau. Apalagi aplikasi telegram merupakan jenis aplikasi pesan instan dengan enkripsi  data yang sangat tinggi.

Oleh karena itu kamu bisa membuat bot dengan aman. Cara mencari teman di telegram juga sangat mudah, kamu hanya perlu menuliskan siapa nama teman yang ingin kamu cari.

Bahkan jika kamu sudah menyimpan kontak teman sebelumnya dan mereka memiliki telegram nantinya kontak tersebut akan langsung muncul di kontak telegram milikmu.

Cara Menambah Stiker di Telegram

Keunikan yang ditawarkan oleh telegram yakni memungkinkan penggunanya untuk menambahkan stiker dalam jumlah yang banyak tanpa membuat aplikasi menjadi lemot.

Selain menambahkan stiker, kamu juga bisa membuat stiker sendiri dengan menggunakan bot.

Wah, sangat menarik ya! Bot stiker yang dimiliki telegram bisa kamu akses dengan bebas, dengan ini memungkinkan kamu membuat stiker yang baru dan memasukkannya dalam sticker pack.

Bot ini bahkan memungkinkan kamu untuk mempublish stiker yang sudah kamu buat sebelumnya.

Baca Juga: Channel Telegram Film

Cara Transaksi Pulsa Lewat Telegram

Jika anda ingin berbisnis pulsa, saat ini ada cara mudah yang bisa anda lakukan, umumnya orang-orang yang melakukan transaksi pulsa menggunakan <kode>.<no telepon>.<pin>.

Nantinya pulsa bisa langsung masuk ke pelanggan.

Cara Transaksi Pulsa Lewat Telegram
Cara Transaksi Pulsa Pakai Aplikasi Telegram

Cara membuat telegram bot untuk berjualan pulsa bisa kamu lakukan dengan mudah, pertama kamu hanya perlu untuk mencari botfather yang terdapat di aplikasi.

Setelah itu kamu bisa mulai membuat nama bot sesuai keinginan misalnya “bot pulsa”.

Untuk pengaturan settingan dasar bot kamu bisa menggunakan @manybot.

Selanjutnya untuk proses setting bot custome command bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beberapa pilihan perintah misalnya broadcast user, rss feed, auto posting, form jawaban dan berbagai jenis pilihan lainnya.

Cara Menggunakan Telegram Messenger

Nah, jika kamu sudah selesai membuat bot telegram lalu ingin menggunakannya di aplikasi messenger, kamu bisa mulai mencoba untuk mengirimkan perintah ke bot.

Misalnya ketika kamu ingin melakukan transaksi pengisian pulsa bisa kamu lakukan dengan mengirimkan <kode>.<no telepon>.<pin>, setelah itu bot akan langsung melakukan perintah.

Sebenarnya penggunaan bot telegram juga sama dengan menggunakan aplikasi pesan instan pada umumnya, bot telegram dapat melihat nama, profil pengguna dan apa saja chat yang kamu tuliskan.

Namun, sebagaimana tingkat keamanan, pihak bot tidak akan melihat nomor ponselmu jika kamu tidak mengijinkan.

Silahkan Like Fanspage dan Follow akun media sosial kepotek untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi.

Share artikel ini,jika menurut Kamu bermanfaat bagi orang lain dan jangan lupa tinggalkan jejak dalam bentuk komentar positif dan membangun.

Apresiasi kamu dalam bentuk apapun sangat berarti untuk terus belajar, berbagi, dan melanjutkan perjuangan bersama. Terima kasih dan salam kepotek, Kepoin Teknologi.

close
en English
X